Kemenkes Adakan Program Vaksin Serviks dan Payudara Gratis, Ini Target Usianya!

- 20 April 2022, 15:24 WIB
Ilustrasi - Vaksinasi kanker serviks.
Ilustrasi - Vaksinasi kanker serviks. /Picabay/fernandozhiminaicela/

ARAHKATA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan program pemerintah yaitu mewajibkan masyarakat Indonesia vaksin kanker serviks dan payudara.

Program ini akan diwajibkan dan digratiskan untuk populasi warga yang menjadi target.

"Kita akan naikkan vaksin wajibnya kita dari 11 antigen menjadi 14, kita tambah vaksin (human papillomavirus) HPV, PCV sama rotavirus, terutama karena kematian cancer itu paling banyak wanita Indonesia tuh serviks sama breast cancer. Serviks ada vaksinnya," beber Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam Pertemuan Diaspora Kesehatan Indonesia Kawasan Amerika & Eropa, dikutip Arahkata Rabu 20 April 2022.

Baca Juga: Ladies Wajib Tahu! Perhatikan Ini Agar Terhindar dari Kanker Serviks

Berdasarkan data Globocan 2020, kasus kanker serviks di Indonesia mencapai 36.633 kasus. Kanker serviks jadi jenis kanker terbanyak kedua yang diidap para wanita setelah kanker payudara.

"Kita mau melakukan tindakan preventif dan promotif, sama seperti COVID-19 kalau kita sakit masuk rs itu kan biayanya puluhan juta," jelas Menkes Budi dalam kesempatan terpisah.

Vaksin kanker serviks atau vaksin HPV rencananya akan diberikan untuk anak-anak perempuan kelas 5-6 Sekolah Dasar (SD).

Baca Juga: Menkes Bakal Wajibkan Vaksin Kanker Seviks dan Payudara, Gratis!

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes, Prima Yosephine, menjelaskan vaksinasi HPV telah dimulai di dua provinsi dan lima kabupaten/kota di Indonesia sejak 2021 dan diperluas di tiga provinsi dan lima kabupaten/kota pada tahun ini.

Rencananya, vaksinasi kanker serviks berlaku secara nasional pada 2023-2024. Kemenkes menyiapkan pelatihan vaksinasi HPV secara berjenjang dari tingkat dinas kesehatan hingga Puskesmas di setiap daerah.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x