Ups, Elektabilitas PDIP Menurun di Survei Indikator

- 26 April 2022, 20:04 WIB
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi /Foto: Tangkapan Layar/Indikator Indonesia/

ARAHKATA - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan dan kepercayaan terhadap partai politik.

Hasilnya, tingkat kepuasan mempengaruhi elektabilitas partai politik. Salah satunya pemenang partai politik 2019 PDIP.

Hal tersebut diungkap oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilisnya bertajuk " Evaluasi Publik atas kinerja pemerintah, prospek partai politik, dan Calon Presiden 2024".

Baca Juga: Seperti Apa Kinerja Presiden Joko Widodo Menurut Survei?

"Terkait elektabilitas partai jika dilakukan pemilihan legislatif atau parpol tertinggi hari ini tetap dipegang oleh PDIP dengan prosentase 23,7 persen. Tapi di bulan sebelumnya atau periode sebelumnya sekitar Februari 2024 lalu prosentase masih tinggi yaitu 26,8 persen," kata Burhanuddin Muhtadi.

Ia menambahkan posisi PDIP masih menduduki pucuk salah satu faktornya adalah sosok Joko Widodo yang cukup berpengaruh menaikan elektabilitas partai.

Akan tetapi bila figur terkuat itu tidak ada lagi, maka kemungkinan elektabilitas menggambarkan seperti sekarang dengan pengandaiaan bila pilpres maupun pileg dilakukan saat ini.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Duduki Pucuk Teratas Capres 2024 Versi Indikator

Burhanuddin menambahkan waktu pelaksanaan survei pada 14-19 April 2022. Masa dimana harga minyak goreng melambung tinggi, kenaikan BBM dan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok juga demo menolak 3 periode Presiden turut mempengaruhi penurunan angka elektabilitas partai politik.

"Banyak faktor yang mempengaruhi karena Presiden dan sejumlah kebijakan erat kaitannya dengan parpol pendukung," ujar Burhanuddin Muhtadi.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x