Hadapi Perubahan Iklim Dunia, BMKG Kerjasama dengan JICA

- 12 Juni 2022, 12:42 WIB
Ilustrasi. Prediksi cuaca di sekitaran wilayah Jawa Timur menurut BMKG
Ilustrasi. Prediksi cuaca di sekitaran wilayah Jawa Timur menurut BMKG /Pixabay/tienthinphoto/

ARAHKATA - Dunia, termasuk Indonesia tengah menghadapi berbagai ancaman bencana akibat dampak perubahan iklim, karena berdampak sangat luas pada kehidupan masyarakat.

Kenaikan suhu bumi tidak hanya berdampak pada naiknya temperatur, tetapi juga mengubah sistem iklim yang memengaruhi berbagai aspek pada perubahan alam dan kehidupan manusia.

Merespon perubahan iklim dan dampaknya tersebut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengambil langkah dengan menjalin kerja sama strategis dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Baca Juga: BMKG Perkirakan Banjir Pesisir Rob Hingga 25 Mei 2022

Kerja sama itu ada di bidang Klimatologi dan Geofisika dalam The Project of Capacity Development for the Implementation of Climate Change Strategies.

Proyek tersebut merupakan kerja sama JICA dengan beberapa instansi, termasuk BMKG di dalamnya, dengan pembahasan terkait kebijakan perubahan iklim.

"Kerja sama JICA dengan BMKG ini bertujuan menyediakan proyeksi iklim sebagai dasar saintifik pembuatan kebijakan, yang mana Deputi Bidang Klimatologi dan Kepala Pusat Perubahan Iklim dari BMKG berperan sebagai focal point," jelas Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati Sabtu, 11 Juni 2022.

Baca Juga: BMKG Imbau Waspada Cuaca Panas dalam Sepekan

"Salah satu kesepakatan dalam proyek ini menyebutkan, bahwa peralatan dari Jepang yang dipakai selama proyek pada akhir kerja sama akan menjadi milik Pemerintah Indonesia (melalui mekanisme hibah)," lanjutnya.

Pada Bidang Geofisika, kerja sama yang dilakukan antara BMKG dan JICA yaitu membahas mengenai Earthquake and Tsunami Early Warning System.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x