Mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta Resah, Rektor Bubarkan UKM Girigahana

- 27 Oktober 2022, 12:19 WIB
anggota perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam “Girigahana” UPN “Veteran” Jakarta
anggota perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam “Girigahana” UPN “Veteran” Jakarta /Girigahana

ARAHKATA - Ratusan anggota perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam “Girigahana” UPN “Veteran” Jakarta menuntut Rektor Baru Dr. Anter Venus, MA.Comm mencabut Surat Keputusan (SKEP) No.1372/UN61.0/HK.02/2022 tentang Pembubaran Girigahana.

SKEP itu dikeluarkan Rektor lama Prof. Dr. Erna Hernawati, terhitung 29 September 2022, atau hanya 10 hari sebelum dia lengser dari jabatannya.

Menurut juru bicara Girigahana, Rudy Hermanto, musyawarah anggota Girigahana yang dihadiri 300 dari 520 anggota, menuntut SKEP itu dicabut. Karena dinilai cacat hukum dan menunjukan sikap otoriter, yang justru bertentangan dengan visi Kampus Merdeka yang dicanangkan Mendikbud.

Baca Juga: Tingkatkan Literasi Digital Pemasaran Berbasis Google Ads

“Ini ada apa, di ujung masa jabatannya Rektor lama justru mengeluarkan keputusan strategis yang membunuh unit kegiatan mahasiswa tertua di UPN “Veteran” Jakarta ini ,” kata Rudy di Jakarta, Kamis, 27 Oktober 2022.

Tudingan yang dicantumkan di SKEP itu juga dinilai tendensius dan provokatif. Rudy mempertanyakan apa dasarnya Rektor lama menduga perbuatan Girigahana telah menimbulkan ancaman serta mengganggu keamanan dan ketertiban di kampus.

“Kita ini unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang usianya sudah 41 tahun, dan menjadi tempat bagi mahasiswa menyalurkan hobi berkegiatan di alam bebas. Lalu ancaman seperti apa yang bisa kami lakukan untuk kampus sebesar UPN “Veteran”, yang juga menjadi tempat kami belajar ?,” keluh Rudy.

Baca Juga: Hyundai hadirkan Genesis Electrified G80 Special Edition untuk G20

“Kami justru banyak mengukir prestasi yang membawa nama harum kampus UPN. Kami juga terlibat langsung dalam banyak kegiatan penanggulangan bencana, kampanye lingkungan hidup dan sebagainya,”tambahnya.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x