Warga Jakarta Bisa Dapatkan Vaksin Pneumonia untuk Anak Secara Gratis

- 27 Mei 2024, 11:28 WIB
Masyarakat atau warga DKI Jakarta bisa mendapatkan vaksin pneumonia (PCV/Pneumococcal Conjugate Vaccine) untuk anaknya secara gratis.
Masyarakat atau warga DKI Jakarta bisa mendapatkan vaksin pneumonia (PCV/Pneumococcal Conjugate Vaccine) untuk anaknya secara gratis. /Dok Kominfo Jak Sel/ANTARA

 

ARAHKATA - Masyarakat atau warga DKI Jakarta bisa mendapatkan vaksin pneumonia (PCV/Pneumococcal Conjugate Vaccine) untuk anaknya secara gratis sebagai bagian dari imunisasi rutin lengkap demi mencegah terkena pneumonia. 

 "Target Dinkes terkait imunisasi PCV adalah tersebar luasnya informasi kepada masyarakat bahwa saat ini imunisasi PCV telah bisa didapatkan secara gratis," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ani Ruspitawati di Jakarta, Senin, 27 Mei 2024.
​​​​Hal itu disampaikan ketika dikonfirmasi dalam rangka puncak Pekan Imunisasi Dunia DKI Jakarta yang diadakan 8 Juni mendatang.

Ani mengatakan, masyarakat bisa mendapatkan vaksin ini di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah dan rumah sakit nonpemerintah sebagai langkah untuk ikut berpartisipasi dalam penguatan imunisasi rutin melalui Puskesmas di wilayahnya.

Baca Juga: 7 Tanda Pasangan yang Langgeng dan Menurut Psikolog Tidak Akan Putus

Dia menjelaskan bahwa cakupan imunisasi PCV pada bayi tahun 2023, yakni sebanyak 139.887 atau 84,48 persen. Lalu angka cakupan tahun ini hingga 19 Mei 2024 jumlah bayi yang mendapatkan PCV mencapai 27.784 (19,27 persen).

Sementara untuk cakupan PCV pada anak berusia di bawah dua tahun atau baduta pada tahun 2023, yakni 66.419 (39,24 persen). Kemudian, jumlah cakupan baduta yang diimunisasi tahun 2024 hingga 19 Mei lalu sebanyak 39.716 (23,98 persen).

Menurut Ani, kendati PCV juga bisa diberikan pada orang dewasa namun mengingat tidak ada program imunisasi rutin bagi kelompok usia ini maka tidak ada catatan resmi untuk cakupan vaksinasi mereka melalui sumber pencatatan Kementerian Kesehatan maupun Dinkes DKI Jakarta.

Baca Juga: Respons Dugaan Penguntitan Jampidsus, Puspom TNI Pengamanan Khusus di Kantor Kejagung

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah