4.791 Peserta PPDB Palsukan Data di Jawa Barat Ditindak Tegas

- 17 Juli 2023, 15:54 WIB
Ilustrasi PPDB . Jalur zonasi, prestasi dan afirmasi masih rawan kecurangan/Instagram@narasinewsroom
Ilustrasi PPDB . Jalur zonasi, prestasi dan afirmasi masih rawan kecurangan/Instagram@narasinewsroom /

ARAHKATA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencoret 4.791 calon siswa dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2023. Pencoretan ini sebagai tindakan tegas pemerintah terhadap peserta yang kedapatan melakukan kecurangan dengan memalsukan data.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengatakan mereka yang dicoret ini kebanyakan karena memalsukan data.

"Sebanyak 4.791 mereka yang mendaftar dengan cara cara ilegal di antaranya menyiasati domisili kartu keluarga," kata Ridwan Kamil saat ditemui di SMKN 12 Bandung, sesuai meninjau masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), dikutip ArahKata.com pada Senin, 17 Juli 2023.

Baca Juga: Perdana, Seluruh Jemaah Akan Dapat Sertifikat Haji 2023 dari Kemenag 

Emil -sapaan Ridwan Kamil mengatakan pencoretan ini dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat kepada tim pengaduan.

"Memang tidak ada drama. Mungkin yang ekspetasi orang tetapi kita ini terstruktur. Ada tim pengaduan dan kita sudah membatalkan 4.791 calon siswa yang mencoba mengelabui," ujarnya.

Menurut Emil, pencoretan ini dilakukan untuk memberikan efek jera dan pembelajaran untuk tidak melakukan kecurangan. Semua harus sesuai dengan peraturan yang dilaksanakan.

 Baca Juga: Fantastis Kekayaan Menpora Dito Mencapai Rp 282 Miliar, Banyak Berasal dari Hadiah

"Tentu kita akan mengevaluasi banyak komplain. Bersama pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengevaluasi menyeluruh terutama adanya kekurang fasilitas di sekolah," jelasnya.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x