Kementerian Luar Negeri Tangani Jenazah WNI dalam Koper di Mina

- 30 November 2020, 17:53 WIB
Pemulasaran jenazah pekerja migran Indonesia yang meninggal di luar negeri
Pemulasaran jenazah pekerja migran Indonesia yang meninggal di luar negeri /Foto: Antara/Dok. Pribadi

ARAHKATA – Kementerian Luar Negeri dan KJRI Jeddah menangani penemuan jenazah WNI di dalam koper di wilayah Mina, Mekah, Arab Saudi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh KJRI dari Kepolisian Wilayah Mina, jenazah tersebut adalah perempuan pekerja migran Indonesia berinisial A berusia 23 tahun.

Baca Juga: 5 Anak Dikabarkan Hilang dalam Letusan Ile Lewotolok

“Selanjutnya diperoleh informasi bahwa pihak kepolisian telah melakukan penangkapan terhadap dua WNI yang diduga terlibat dalam penempatan jenazah dalam koper tersebut,” ujar Direktur Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha ketika dikonfirmasi tentang kasus ini, melansir ANTARA, Senin 30 November 2020.

Judha menjelaskan bahwa hasil visum menunjukkan tidak terdapat tanda-tanda kekerasan pada jenazah A. Namun, untuk memastikan penyebab kematian akan dilakukan autopsi.

Baca Juga: Salah Kaprah Arti Kata ‘Bahlul’, Ternyata Ini Makna Sebenarnya!

“Langkah-langkah tindak lanjut segera dilakukan Kemlu dan KJRI Jeddah antara lain menghubungi keluarga almarhumah A dan melakukan pendampingan hukum terhadap dua WNI yang ditangkap,” kata Judha.

KJRI Jeddah telah menyediakan jasa penerjemah selama kedua WNI tersebut menjalani pemeriksaan dari otoritas setempat. KJRI juga akan membantu  pemulasaraan jenazah A sesuai permintaan keluarga.

Baca Juga: Intelejen Korsel Sebut Korut Eksekusi Mati Pelanggar Kebijakan Penguncian Covid-19

Diinformasikan sebelumnya, polisi Mekkah menerima informasi pada Jumat 27 November 2020 malam dari seorang warga yang mengatakan telah menemukan koper besar tergeletak di tanah. Ketika dia memeriksa isi koper tersebut, dia menemukan sesosok mayat perempuan.***

Editor: Alamsyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x