Sebelumnya Terpapar Covid-19, Hakim Agung Dudu Duswara Meninggal

- 10 Desember 2020, 22:23 WIB
Ilustrasi gedung Mahkamah Agung.*
Ilustrasi gedung Mahkamah Agung.* /Dok. MA./

ARAHKATA - Dudu Duswara Machmudin, Hakim Agung Mahkamah Agung dikabarkan meninggal dunia pada pukul 18.32 WIB Kamis, 10 Desember 2020 di RS Sentosa Asih, Bandung, setelah sebelumnya terkonfirmasi terpapar Covid-19.

Kabar duka tersebut dibenarkan Juru Bicara Mahkamah Agung, Andi Samsan Nganro.

"Benar (meninggal dunia karena Covid-19)," ujarnya saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis 10 Desember 2020.

Baca Juga: Mulai 2021 Kominfo Fokus Garap Internet di 12 Ribu Lebih Desa

Sebelum menjadi Hakim Agung, Dudu Duswara Machmudin merupakan hakim ad hoc tindak pidana korupsi di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Almarhum menamatkan pendidikan strata satu di Universitas Langlangbuana Jurusan Hukum Keperdataan, sedangkan strata dua di Universitas Padjajaran Jurusan Ilmu Hukum. Kemudian strata tiga di Universitas Parahyangan Jurusan Hukum Pidana.

Di almamaternya, Universitas Langlangbuana, ia dikukuhkan menjadi guru besar dengan orasi ilmiah berjudul "Optimalisasi peran hakim agung dalam menyelesaikan perkara kasasi dan peninjauan kembali menurut sistem peradilan Indonesia".

Baca Juga: Ini Penyebab Makanan Terasa Pahit Ketika Sakit!

Selama menjabat sebagai hakim agung, putusan Dudu Duswara Machmudin yang mendapat sorotan di antaranya vonis mati mantan pastor di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Herman Jumat, karena terbukti melakukan pembunuhan berencana dan menyembunyikan mayat kekasihnya.

Putusan Mahkamah Agung itu memperberat vonis yang dijatuhkan Pengadilan Negeri Maumere dan Pengadilan Tinggi Kupang yang hanya menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup.

Baca Juga: Benarkah Cadel pada Anak Bisa Diatasi, Bagaimana Caranya?

Berita duka ini cukup dirasa mendalam, meningat sebelumnya Mahkamah Agung lebih dulu kehilangan Kepala Biro Hukum dan Humas, Abdullah, yang meninggal dunia di RS Siloam, Surabaya.***

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x