Gempa M6,2 Kembali Guncang Sulbar

- 15 Januari 2021, 08:24 WIB
Ilustrasi Gempa di Kota Bengkulu (Latar Pantai Panjang)
Ilustrasi Gempa di Kota Bengkulu (Latar Pantai Panjang) /Arahkata.com

ARAHKATA – Guncangan yang mencapai Mag:6,2 kembali terjadi di wilayah Majene Sulawesi Barat (Sulbar), tepatnya 2.98 LS, 118.94 BT, 6 Km Timur Laut dengan kedalaman 10 Km, yang terjadi pada Jumat, 15 Januari 2021, sekitar pukul  01:28:17 WIB

Dari infromasi yang dipublikasikan oleh PUSDALOPS-PB BNPB, dari Kalaksa dan Sekertaris BPBD Kab. Majene dan Kasi Pencegahan BPBD Kab. Polewali Mandar, gempa mengakibatkan Korban Jiwa di Kabupaten Majene sebanyak 3 orang meninggal dunia, 24 orang luka-luka dan kurang lebih 2.000 orang mengungsi.

Selain itu, gempa juga mengakibatkan kerugian materil khususnya di wilayah Kab. Mamuju berupa Hotel Maleo dengan kondisi rusak berat, Kantor Gubernur Sulbar rusak berat, Rumah warga masih dalam pendataan dan jaringan listrik padam.

Baca Juga: Kantor Gubernur Sulbar Ambruk Total Akibat Gempa Susulan

Sedangkan di Kabupaten Majene, terjadi Longsor di 3 titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju yang mengakibatkan akses jalan terputus, 62 unit rumah rusak (data sementara), 1 unit Puskesmas rusak berat, 1 Kantor danramil Malunda rusak berat.

Sebelumnya, Gempa dengan skala M5,9, juga terjadi pada hari Kamis, 14 Januari 2021 pukul 14:35 wita.

Gempa yang terjadi dirasakan cukup kuat di Kab. Majene dan Polewali Mandar yang terjadi berkisar sekitar 5-7 detik, yang mengakibatkan kepanikan masyarakat dan berhamburan keluar rumah.  Hingga informasi ini diterima, masyarakat masih berada di luar rumah mengantisipasi gempa susulan dan gempa diinformasikan tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Gempa M5,9, Merusak Dua Rumah Warga

Dalam hal ini BPBD Kab. Majene, Kab. Mamuju. Dan Kab. Polewali Mandar masih melakukan pendataan dan mendirikan Tempat Pengungsian, di mana kebutuhan yan sangat mendesak dilaporkan berupa Sembako, Selimut dan Tikar, Tenda Pengungsi, Pelayanan Medis dan terpal.

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x