Mensos Resmikan Bengkel Sepatu dan Kafe Anak Jalanan Mojokerto

- 6 Februari 2021, 14:29 WIB
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini /Twitter Kemensos RI

 

ARAHKATA – Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mendirikan kafe milenial dan bengkel sepatu di Mojokerto. Pendirian kafe milenial dan bengkel sepatu ini didedikasikan kepada 5 anak mantan pecandu narkoba (eks residen) dan anak jalanan di Desa Banjaragung, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, pada Jumat, 5 Februari 2021.

Dilansir dalam kemensos.go.id Risma menuturkan pendirian usaha ukm bagi anak jalanan adalah bagian dari kebijakan Pemerintah Pusat melalui Kemensos RI untuk penanganan anak-anak jalanan dan kesejahteraan sosial tidak berada pada pusat Pemerintah Daerah (Pemda).

“Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman di Balai (BRSKP Napza 'Satria' Baturraden) yang telah dengan tekun dan sabar membina anak-anak ini. Juga kepada pemerintah daerah yang tela memberikan kesempatan dan ruang bagi anak-anak untuk tumbuh dengan baik,” kata Tri Risma Harini kepada wartawan, Jumat, 5 Februari 2021.

 

Baca Juga: Meluncur ke Halmahera dan Manado, Risma Bawa Perlengkapan Bayi dan Bantuan Pangan

 

Mantan Walikota Surabaya itu, pemerintah harus menunaikan amanat sesuai UUD 1945 yang mengedepankan kesejahteraan anak sebagai tanggungjawab negara. Oleh sebab itu, kata Risma, dalam pembinaan anak-anak jalanan tidak hanya ditanggung oleh Pemda melainkan ada investasi dari pusat

"Ini adalah upaya Kemensos membantu anak-anak jalanan berkembang lebih positif, dan mandiri dengan mengelola usaha kuliner. Kita melatih dan memfasilitasi mereka agar mereka mandiri secara ekonomi dengan memiliki keahlian. Dan tidak kembali ke jalan,” ujar Risma.

Kader Partai PDI Perjuangan itu menerangkan pemerintah selalu melakukan usaha yang sangat kesar dalam pembinaan anak-anak dengan permasalahan sosial yang di alami. Agar mereka bisa meninggalkan jalanan. Salah satu upayanya adalah memotivasi anak untuk bias melirik dunia usaha.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x