Amplop Imlek Trending, Begini Artinya!

- 11 Februari 2021, 22:05 WIB
Ilustrasi tradisi bagi-bagi angpao saat perayaan Tahun Baru Imlek.
Ilustrasi tradisi bagi-bagi angpao saat perayaan Tahun Baru Imlek. /Unsplash.com/@ninjason

ARAHKATA – Tahun Baru Imlek selalu identik dengan angpao. Amplop merah selalu berisi uang yang biasanya diberikan kepada anak-anak dari orang tua, kakek nenek, dan lainnya sebagai hadiah Tahun Baru Imlek.

Strait Times mewartakan, amplop merupakan cara untuk mengirimkan ucapan selamat dan keberuntungan (serta uang).

Sebenarnya yang penting amplop merah adalah kertas merahnya, bukan uang di dalamnya. Membungkus uang keberuntungan dalam amplop merah diharapkan memberikan lebih banyak kebahagiaan dan berkah bagi penerimanya.

Baca Juga: Video Panasnya Tersebar di Telegram, Gabriell Larasati Enggan Berkomentar

Melansir China Daily, untuk penerima tidak sopan membuka amplop merah di depan orang yang memberikannya kepada Anda.

Amplop merah Tahun Baru Imlek adalah hadiah tradisional untuk anak-anak selama Tahun Baru Imlek. Di China, amplop merah disebut yasui qian (压岁钱 / yaa-sway chyen), yang berarti 'menekan uang hantu'. Mereka yang menerima amplop merah mengharapkan tahun yang aman dan damai.

Tata Cara Pemberian Angpao:

Memberi angpao adalah cara untuk berbagi berkah Anda. Umumnya jumlah uang yang dibungkus dengan paket merah tergantung pada penghasilan Anda. Namun, ada kebiasaan jika belum menikah, Anda tidak perlu mengirimkan amplop merah kepada orang lain. Biasanya, Anda yang belum menikah masih mendapatkan angpao.

Umumnya, pada malam Tahun Baru Imlek, orangtua akan menyiapkan amplop merah dan memasukkannya ke saku anak. Amplop merah biasanya diberikan dan diterima hanya di antara keluarga, sementara di beberapa daerah pedesaan, biasanya Anda harus memberikan angpao kepada setiap anak yang Anda temui.

Baca Juga: Ternyata Hal Ini yang Bikin Imlek Identik dengan Warna Merah!

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah