Partai NasDem Percepat Gelar Pahlawan Nasional KH Syaikhona Kholil

- 21 Maret 2021, 04:51 WIB
Seminar Nasional Paratai NasDem
Seminar Nasional Paratai NasDem /Adi Suprayitno/ARAHKATA

ARAHKATA - Partai NasDem terus berjuang pemberian gelar Pahlawan Nasional buat KH Syaikhona Kholil.

Upaya itu dengan menggelar seminar nasional dengan tema 'Syaikhona Kholil Guru Para Pahlawan' di Grand Mercury Hotel Surabaya, Sabtu 20 Maret 2021.

Seminar nasional yang digelar oleh MPR dan Fraksi NasDem DPR RI serta DPRD Jatim ini merupakan kajian akademis dalam rangka percepatan gelar Pahlawan Nasional untuk Syaikhona Kholil.

Pimpinan Komisi IV DPR RI, Hasan Aminuddin menjelaskan, usulan gelar pahlawan Nasional untuk Syaikhona Kholil ketika dirinya mengantarkan ziarah Surya Paloh ke makamnya di Bangkalan pada 2010 silam. Dimana saat itu NasDem masih menjadi ormas.

Baca Juga: Keren! Kakek 81 Tahun Ini Dinobatkan Jadi Instruktur Kebugaran Tertua di Dunia

“Pesan moral Pak Surya Paloh adalah sangat bangga dengan tokoh-tokoh bangsa yang sudah banyak berjasa untuk bangsa. Walupun Syaikhona Kholil tak butuh tanda kehormatan.Tetapi negara berkewajiban untuk memberi penghormatan pada beliau," paparnya.

Hasan mengetahui sejarah hidup Syaikhona Kholil langsung dari kakeknya, KH Zain. Ketika itu kakeknya adalah salah satu santri dari Syaikhona Kholil bin Abdul Latif.

Ketua bidang agama dan hubungan masyarakat adat DPP Partai NasDem itu mengaku sejak jaman kemerdekaan hingga saat ini peran Syaikhona Kholil sangat besar dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Salah satunya adalah menanamkan prinsip cinta tanah air sebagian dari iman.

Baca Juga: Benarkah Cowok Humoris Lebih Menarik Dibanding Cowok Romantis?

Peranan lainnya adalah aspek pendidikan Islam. Beliau mengambil sanad keilmuan Islam yang bersambung (mutawattir) hingga Rasulullah (sumber primer ilmu Islam).

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x