Begini Persiapan Kota Bandung Jelang Belajar Tatap Muka

- 8 April 2021, 16:59 WIB
Suasana Focus Group Discussion (FGD) dengan Stakeholder Pendidikan di Bandung Command Center (BCC)/ARAHKATA/Instagram   @halobandung
Suasana Focus Group Discussion (FGD) dengan Stakeholder Pendidikan di Bandung Command Center (BCC)/ARAHKATA/Instagram @halobandung /

ARAHKATA - Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yaitu Kementerian Pendidikan, Agama, Kesehatan dan dalam Negeri yang dikeluarkan bulan Januari Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), ada poin yang perlu diperhatikan dan beberapa persiapan.

Tidak hanya Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan tapi juga terkait sarana dan prasarana yang mendukung sekolah dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) selama pembelajaran berlangsung.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna dalam acara Focus Grup Discussion (FGD) dengan Stakeholder Penddidikan di Bandung Command Center (BCC).

Baca Juga: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Berikut Aturannya!

Selain itu, Ema juga menyebut ada hal yang paling utama perlu diperhatikan, yakni kesiapan sekolah sebagai pelaksana pendidikan.

“Bukan hanya tenaga pengajar saja tapi juga tenaga keamanan, apakah sudah siap? Apakah sarana dan prasarananya sudah siap? Pengaturan di tempat kelas bagaimana? Tempat cuci tangan gimana dan lain sebagianya,” ungkap Ema, Rabu, 7 April 2021.

Kemudian, ada beberapa persiapan di antaranya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga pengajar.

“Harus ada persiapan jika akan melaksanakan PTM, tentu yang utama adalah terkait vaksinasi bagi guru yang diharapkan sebelum bulan Juni sudah selesai untuk dosis 1 dan 2," kata Ema.

Dilanjutkan dengan edukasi terkait penerapan prokes selama PTM berlangsung sampai dengan pola pengaturan penyelenggaraannya.

"Kemudian terkait perilaku guru dan murid selama proses belajar dalam menerapkan etika bersin, batuk dan sebagainya harus terus diedukasi. Termasuk kesiapan pola pengaturan penyelenggaraannya apakah dengan sistem sif,” ucap Ema.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x