Pengungsi Dampak Kilang Minyak Balongan Mulai Dipulangkan

- 8 April 2021, 21:23 WIB
Pemulangan pengungsi ke kediannya masing - masing.
Pemulangan pengungsi ke kediannya masing - masing. /ARAHKATA/Humas Pertamina

ARAHKATA - Seluruh pengungsi terdampak insiden kebakaran Kilang Minyak Balongan T- 301, Indramayu dipulangkan. Proses pemulangan dilakukan Pertamina dengan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu. masing-masing Rabu 7 Maret kemarin.

Pemulangan diawali dengan penyampaian sosialisasi kepada para pengungsi untuk kembali ke rumah masing-masing yang disampaikan oleh Asisten Daerah II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Indramayu Maman Kostaman, didampingi pihak terkait dan Pertamina, di GOR Bumi Patra.

Dalam penyampaian kepada warga, Maman yang sekaligus menjadi Ketua Tim Penanggulangan Dampak Bencana Kebakaran Tangki RU VI Balongan, menyampaikan, Pertamina telah bersurat ke Bupati terkait rekomendasi bahwa pengungsi aman untuk kembali ke tempat masing-masing.

Baca Juga: Kilang Minyak Balongan Terbakar, Pertamina Mengaku Suply BBM Aman

Rekomendasi tersebut berdasarkan kajian teknis berkaitan dengan proses pemadaman maupun assesment keamanan lokasi sekitar RU VI.

"Untuk tempat tinggal warga telah dilakukan survey pendataan oleh tim gabungan dan secara umum tempat tinggal pengungsi dinyatakan layak dan aman untuk ditempati," jelas Maman.

Sebelum dipulangkan, para pengungsi menjalani tes screening covid-19 untuk memastikan warga kembali ke rumah dalam keadaan sehat. Tes screening melibatkan tim medical Pertamina serta Dinas Kesehatan Kabupaten Indramyu dengan menerjunkan 20 tenaga medis untuk melakukan swab (swaber).

Swab antigen menyasar sekitar 579 jiwa sebagaimana data terakhir jumlah pengungsi di posko pengungsian Bumi Patra pada Selasa sore.

Bagi warga dengan hasil screening covid-19 negatif langsung dipulangkan dengan fasilitas bus dari Pertamina ke titik terdekat dari tempat tinggal masing-masing. Proses pemulangan warga yang non reaktif, berjalan dengan lancar.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x