Panglima TNI Pantau Langsung Proses Pencarian Kapal Selam di Bali

- 21 April 2021, 23:43 WIB
Panglima TNI Hadi Tjahjanto minta bantuan Australia hingga SIngapura cari KRI Nanggala 402
Panglima TNI Hadi Tjahjanto minta bantuan Australia hingga SIngapura cari KRI Nanggala 402 /Twitter @TjahjantoHadi/Antara

ARAHKATA - Hilangnya kapal selam KRI Nanggala-402 mendapat perhatian Panglina TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Dirinya pun dikabarkan akan bertolak ke Bali pada, Kamis 22 April 2021 pagi untuk memantau langsung proses pencarian.

"Masih dalam pencarian di perairan Bali, 60 mil (laut) dari Bali," ujarnya seperti dikutip dari infopublik.id

Menurutnya, seluruh kapal yang memiliki alat pencarian bawah air tengah mencari kapal buatan Jerman itu.

Baca Juga: Beredar Kabar Mendikbud Dicopot, LIRA: Nadiem Makarim Harus Legowo

"Besok pagi saya akan menuju lokasi," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama Julius Widjojono, juga membenarkan KRI Nanggala-402 hilang kontak."Saat ini masih dalam proses pencarian," ujarnya.

KRI Nanggala-402 menjadi salah satu pelaku pada latihan penembakan rudal di Laut Bali, yang direncanakan dilaksanakan pada Kamis 22 April 2021, yang juga disaksikan Tjahjanto dan Kepala Staf TNI AL, Laksamana Yudho Margono. KRI Nanggala-402 memiliki "saudara kembar", yaitu KRI Cakra-401.

Baca Juga: Kepala DPMPTSP Ditunjuk Gubernur Banten Jadi Plh Wali Kota Tangsel

Secara teknis, KRI Nanggala-402 berasal dari Type 209/1300 yang dibuat galangan kapal Howaldtswerke di Kiel, Jerman Barat, yang dipesan Indonesia pada 1977, dan memasuki dinas aktif pada 1981.

Diketahui, sistem propulsi KRI Nanggala-402 berintikan motor diesel-elektrik Siemens low-speed yang tenaga kerjanya langsung disalurkan ke baling-baling di buritan.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x