Biar Produk Meningkat, Pertanian Perlu Didukung untuk Modernisasi

- 12 Juni 2021, 10:20 WIB
Ilustrasi lahan pertanian
Ilustrasi lahan pertanian /Dok. Kementan/

ARAHKATA - Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang dikelilingi oleh laut. Tak hanya itu, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris. Negara yang memiliki sektor pertanian yang luas. 

Berbagai produk pertanian dihasilkan oleh petani Indonesia. Mulai dari minyak sawit, karet alam, kakao, kopi, teh, singkong dan beras. 

Potensi itu bisa menjadi kekuatan pangan masyarakat Indonesia. Maka dari itu, untuk menguatkan sistem pertanian, diperlukan teknologi dan mekanisasi pertanian yang tepat.

Baca Juga: Karantina Pertanian Surabaya Musnahkan 156 Ekor Burung Asal NTT

Dengan begitu, pertanian bisa meningkatkan produksi dan sistem ketahan pangan nasional. Maka dari itu, sektor pertanian diperlukan dukungan dari berbagai elemen bangsa. 

Salah satu dukungan diperlihatkan oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Ia mengatakan bahwa pertanian merupakan ujung tombak suatu bangsa. 

“Pertanian adalah urusan hidup matinya sebuah bangsa. Jangan sampai profesi petani di Indonesia makin kedepan makin tidak dilirik generasi muda dan akhirnya malah punah,” ungkap Puan dalam siaran pers yang diterima, Sabtu 12 Juni 2021.

Baca Juga: Bersama Petani, Ichsan Firdaus Dukung Pengembangan Inovasi Pertanian

Ia juga melanjutkan bahwa diperlukan kesabaran dalam proses menanam sampai panen. Hal itu memerlukan kegigihan, ketekunan, kesabaran, pengetahuan, dan kerja keras. 

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x