Corona Melonjak Tinggi, WHO Desak Indonesia Lakukan PSBB

- 20 Juni 2021, 14:53 WIB
Ilustrasi. Organisasi kesehatan dunia, WHO menyebutkan bahwa varian Delta Covid-19 dari India adalah varian dominan.
Ilustrasi. Organisasi kesehatan dunia, WHO menyebutkan bahwa varian Delta Covid-19 dari India adalah varian dominan. /NDTV.COM

ARAHKATA - Indonesia menjadi sorotan bagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) semenjak melonjaknya kasus Covid-19 oleh varian-varian baru.

WHO mendesak kepada Indonesia untuk segera melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

WHO mencatat bahwa peningkatan drastis tkngkat ketirisian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy ratio (BOR) menjadi kekhawatiran besar.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak Hampir 90 Persen di Kota Bekasi

"Dengan meningkatnya penularan karena varroents kf concern, diperlukan tindakan segera untuk mengatasi situasi di banyak provinsi," kata WHO dalam laporan situasinya.

Lonjakan virus tersebut terlihat di provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Semuanya berlokasi di Jawa yang mana pulau terpadat di Indonesia.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkapkan tiga varian baru Corona telah ditemukan di wilayah Jakarta.

Baca Juga: Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Terpapar Virus Corona

Tiga varian tersebut adalah Alpha, yang ditemukan pertama kali di Inggris; Beta di Afrika Selatan; dan varian Delta di India.

"Ada tiga varian yang ditemukan di Jakarta, (yaitu) Alpha, Beta, dan Delta," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyastuti kepada wartawan di Kantor Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin 14 Juni 2021.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah