Peringati Hari Disabilitas, Pemkot Bandung Hadirkan Home Therapy

- 3 Desember 2021, 16:08 WIB
Peringati hari disabilitas, Pemkot Bandung hadirkan home therapy
Peringati hari disabilitas, Pemkot Bandung hadirkan home therapy /Instagram/@rbmkotabandung

ARAHKATA - Memperingati Hari Disabilitas Internasional, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui RBM (Rehabilitasi Berbasis Masyarakat) Kota Bandung memberikan Program Home Therapy bagi penyandang disabilitas.

Program ini didukung penuh Pemkot Bandung beserta kewilayahan berupa fasilitasi serta pendampingan bagi keluarga penyandang disabilitas dalam mengikuti program Rumah Cinta Inklusi.

Ketua RBM Kota Bandung, Umi Siti Muntamah menjelaskan, Rumah Cinta Inklusi (RCI) yang berlokasi di Gedung Yayasan Kanker Indonesia Kota Bandung, merupakan salah satu program kerja RBM Kota Bandung.

Baca Juga: Mensos Resmikan SKA bagi Penyandang Disabilitas

Organisasi ini berkhidmat memberikan pelayanan serta penguatan bagi penyandang disabilitas beserta keluarganya.

"Setiap pekan dilakukan asesmen terhadap para penyandang disabilitas yang dibina oleh kader RBM di 30 kecamatan di Kota Bandung secara bergiliran," ucapnya Jumat 3 Desember 2021.

Selain menghadirkan home therapy, RBM juga sekaligus membina keluarga dengan anggota keluarga berkebutuhan khusus.

Baca Juga: Rentan COVID-19, Penyandang Disabilitas Jadi Prioritas Vaksinasi

Penyandang disabilitas juga diberi kesempatan untuk berkonsultasi gratis dengan dokter spesialis mata, pemeriksaan THT, pelatihan home program serta konsultasi dengan Psikolog.

Termasuk pembekalan home therapy dibimbing oleh Tim Dokter Spesialis dari Departemen Ilmu Kedokteran dan Rehabilitasi Fisik FK Unpad/RSHS, Perdosri Jawa Barat, Terapis Psikolog dari Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Jawa Barat, Tim Poltekkes RS Al Islam, dll.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah