Mensos Resmikan SKA bagi Penyandang Disabilitas

- 30 Agustus 2021, 22:49 WIB
Mensos Risma menegur pihak bank BUMN yang tak segera menyalurkan bansos kepada masyarakat Jember sejak Maret 2021.
Mensos Risma menegur pihak bank BUMN yang tak segera menyalurkan bansos kepada masyarakat Jember sejak Maret 2021. / Pikiran Rakyat/Amir Faisol/

ARAHKATA – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meresmikan Sentra Kreasi ATENSI (SKA) Balai Soeharso Surakarta, di Jalan Adi Sucipto, Kerten, Laweyan, Surakarta pada senin 30 Agustus 2021.

Hal ini sebagai upaya memperluas pemberdayaan bagi para penyandang disabilitas di Indonesia.

“Saudara-saudara kita penyandang disabilitas harus bisa beraktivitas eddan berdaya. Bantuan kewirausahaan lewat SKA ini untuk meringankan beban hidupnya agar lebih ringan dan lebih baik, Alhamdulilah karya mereka sudah dapat dinikmati,” ucap Risma.

Baca Juga: MUI Gelar Workshop, Wamenag Beri Pesan ini

SKA merupakan pusat pelatihan vokasional dan sebagai upaya pengembangan kewirausahaan, serta media promosi produk penerima manfaat, dan masyarakat marginal pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Sebelumnya, Mensos telah meresmikan 4 Balai yang sama yakni, Balai Pangudi Luhur Bekasi, Balai Besar Kartini di Temanggung, Balai Antasena di Magelang, Balai Besar Inten Suweno Cibinong, dan Balai Soeharso di Surakarta ini merupakan balai yang kelima.

“Rencananya akan dibuka lagi balai lainnya. tiap balai spesifikasi keahliannya berbeda. Di balai ini saya tugaskan juga memproduksi kursi roda adaptif, ini tersu akan kita lakukan inovasi ini untuk membantu saudara kita penyandang disabilitas maupun saudara-saudara kita yang msikin,” katanya.

Baca Juga: Gage Akan Berlaku di Kawasan Puncak, Begini Penjelasannya!

SKA ini pun memiliki beberapa sentra kreasi didalamnya seperti, koperasi, gerai batik dan handcraft (tas, dompert, lukisan, tempat pensil, aksesoris, masker dll).

Selain itu juga ada , gerai penjahitan dan sablon, gerai oleh-oleh khas solo kuliner, eRCe Cafe, tanaman hias dan tanaman hidroponik.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x