Simak Bun! Ini Syarat Vaksinasi untuk Anak 6-11 Tahun

- 19 Desember 2021, 15:34 WIB
Ilustrasi vaksinasi pada anak.
Ilustrasi vaksinasi pada anak. /ANTARA/

ARAHKATA - Indonesia sedang menggencarkan vaksinasi anak 6-11 tahun. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan memperkuat daya tahan tubuh pada anak-anak.

Untuk itu para orang tua sudah seharusnya mengetahui apa saja syarat vaksinasi COVID-19 pada anak dan tentunya dapat memberi pemahaman kepada anaknya mengenai vaksinasi ini.

Dokter spesialis anak, Dr dr Ariani Dewi Widodo, SpA(K), menjelaskan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan serta diperhatikan oleh para orang tua sebelum melakukan vaksinasi COVID-19 pada anak.

Baca Juga: Kota Bandung Gelar Vaksinasi COVID-19 Anak 6-11 Tahun

Hal utama yang harus dipersiapkan adalah memiliki kondisi badan yang sehat. Jika ada riwayat penyakit maka harus dalam kondisi terkendali.

"Memastikan kondisi anak sehat tidak ada kontraindikasi, tidak demam, tidak sedang batuk pilek atau diare. Sebetulnya kalau ada infeksi ringan tidak papa. Tapi kalau infeksi itu masih akut hari pertama kedua apalagi ada demam sebaiknya ditunda dulu," jelas Ariani pada acara e-Life mengangkat judul 'Vaksin Anak dan Ancaman Omicron', dikutip Arahkata Minggu 18 Desember 2021.

Selain itu jika anak-anak yang memiliki komorbiditas, para orang tua harus memastikan keadaan anak dengan dokter yang sudah biasa menanganinya.

Baca Juga: Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Dimulai di Kabupaten Bekasi

"Anak-anak yang memiliki komorbid bukan berarti tidak selalu mereka tidak boleh divaksin. Justru anak-anak yang memiliki komorbiditas misalnya dia ada keterbelakangan atau ada ketidakmampuan atau keterlambatan perkembangan justru mereka adalah anak-anak yang lebih berisiko terinfeksi COVID-19," ujarnya.

"Dan kadang-kadang pada saat mereka terinfeksi COVID-19 infeksinya lebih berat dibandingkan dengan anak-anak lain. Maka dari itu selalu terbaik adalah memastikan dulu ke dokter yang biasa menangani atau merawat yang paling tahu keadaan anak tersebut untuk dilakukan evaluasi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah