Jalan Layang Pasupati Bandung Resmi Ganti Nama, Jadi Apa?

- 3 Maret 2022, 15:26 WIB
Momen peresmian jalan layang Prof Dr. Mochtar Kusumaatmadja oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Momen peresmian jalan layang Prof Dr. Mochtar Kusumaatmadja oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil /Instagram/@ridwankamil

ARAHKATA - Jalan Layang Pasupati yang menjadi salah satu ikon Kota Bandung resmi ganti nama menjadi Jalan Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja.

Peresmian dilakukan di Gedung Inspektorat Provinsi Jawa Barat oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil juga mengatakan, Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja adalah salah satu sosok berjasa dalam merumuskan batas negara Indonesia.

Baca Juga: Pemuda Karang Taruna Asal Bandung Ciptakan Mesin Pengolah Sampah

Ia menjelaskan, dahulunya batas wilayah laut di Indonesia berjarak 3 mil.

Dengan begitu, pulau-pulau yang dipisahkan laut dengan jarak lebih dari 3 mil dikategorikan menjadi kawasan internasional sehingga kapal asing bebas melintasi jalur tersebut.

Peran Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja ialah menjadikan luas wilayah Indonesia yang awalnya sekitar 2 juta kilometer persegi, kini menjadi sekitar 5 juta kilometer persegi.

Baca Juga: Kota Bandung Siap Peringati Konferensi Asia Afrika ke-67

Ridwan Kamil juga berpesan agar jangan meninggalkan sejarah, seperti pesan Bung Karno yang dikenal dengan sebutan never leave history.

Secara filosofis, pemilihan Jalan Layang Pasupati untuk diberi nama Jalan Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja berangkat dari letaknya yang melintang di atas Jalan Ir. H. Djuanda. Merujuk pada sejarah, dua tokoh ini memberi andil besar bagi batas wilayah Republik Indonesia.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x