5 Peristiwa Penting Tokoh Minang Berperan Selamatkan NKRI

- 8 Maret 2022, 08:33 WIB
Pahlawan Nasional
Pahlawan Nasional /Tangkap Layar Kemsos


ARAHKATA - Setiap peristiwa penting dalam sejarah lahirnya NKRI tidak pernah lepas dari jasa tokoh-tokoh minang.

Tokoh-tokoh minang seperti Agus Salim, Muhammad Hatta dan Ki Bagus serta tokoh lainnya memberikan pengaruh besar dalam sejarah lahirnya NKRI.

Dilansir dari Dewan Dakwah oleh ARAHKATA pada Senin, 7 Maret 2022, terdapat 5 peristiwa penting dalam sejarah yang membuktikan peranan penting tokoh-tokoh Minang.

Baca Juga: Imbas Konflik Rusia-Ukraina, Pemerintah Diminta Genjot Produksi Komoditas Energi Nasional

1. Lahirnya Piagam Jakarta
Piagam Jakarta terlahir pada 22 Juni 1945 oleh panitia sembilan. "Ada 3 orang Minang di dalam panitia tersebut, yakni Agus Salim, Muhammad Yamin dan Muhammad Hatta," kata Adian Husaini yang juga merupakan ketua Dewan Dakwah dikutip ARAHKATA.

Piagam Jakarta menjadi cikal bakal terbentuknya teks Pembukaan UUD 1945 yang kemudian terdapat 7 kata yang dihapus di dalamnya.

"Saya menduga kuat, yang menyusun draftnya adalah Haji Agus Salim. Karena draft tersebut sangat menggambarkan akidah Ahlus Sunnah wal Jamaah, khususnya pada alinea ketiga. Antara kuasa Allah dan usaha manusia sama-sama diakui,"lanjut ketua Dewan Dakwah tersebut.

Baca Juga: Holistik Institut Gelar Seminar Nasional dan Deklarasi Dukung Ibu Kota Negara Baru

2. Penghapusan 7 Kata
Diketahui terdapat 7 kata yang dihapus dalam poin pertama Piagam Jakarta pada 18 Agustus 1945. 7 kata tersebut berbunyi "dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya."

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: Dewandakwah.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah