Ditemukan 114 Kasus Suspek Hepatitis 'Misterius' di Jawa Timur

- 5 Mei 2022, 19:12 WIB
Wabah Hepatitis Misterius pada Anak Telah Ditemukan di 20 Negara, Kenali Gejala dan Pencegahannya
Wabah Hepatitis Misterius pada Anak Telah Ditemukan di 20 Negara, Kenali Gejala dan Pencegahannya /Pixabay/vic B

ARAHKATA - Kasus hepatitis akut atau 'misterius' menyerang anak yang sudah tersebar di Indonesia semakin mengkhawatirkan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah meresmikan Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus hepatitis akut tersebut yang tidak diketahui penyebabnya.

Sementara itu, jumlah laporan dari berbagai negara terus bertambah. Di Indonesia juga sudah ada 3 anak yang diduga terkena penyakit ini.

Baca Juga: Dikaitkan dengan Hepatitis Misterius Pada Anak, Apa Itu Adenovirus?

Sedangkan berdasarkan data Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons (SKDR) Jawa Timur, pada minggu pertama hingga minggu ke-17 Tahun 2022 (per 4 Mei 2022), telah ditemukan 114 kasus suspek (menunjukkan gejala) jaundice (kuning) akut atau hepatitis akut di 18 kabupaten/kota di Jawa Timur.

"Minggu ke-14 hingga minggu ke-17 cenderung mengalami kenaikan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim), dr Erwin Astha Triyono SpPD dalam rilis yang diterima, Kamis 5 Mei 2022.

Sebagai catatan, data SKDR tersebut adalah kasus suspek hepatitis akut yang dilaporkan dengan usia secara umum. Yakni tidak spesifik anak-anak atau kurang dari/sama dengan 16 tahun.

Baca Juga: Heboh Hepatitis 'Misterius' Pada Anak, Begini Cara Mencegahnya!

Menyikapi hal tersebut, Dinkes Jatim mengimbau masyarakat khususnya anak-anak dan orang tua untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Serta menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

"Untuk mencegah dan mengendalikan penularan hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya di Jawa Timur, kami mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati namun tetap tenang," ujar dr Erwin.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x