Cuaca Panas Dapat Berdampak Lebih Serius pada Kelompok Rentan

- 5 Mei 2024, 13:09 WIB
Tips untuk mengatasi cuaca panas.
Tips untuk mengatasi cuaca panas. /Antara/Fauzan/

ARAHKATA - Dokter spesialis penyakit dalam RS Cipto Mangunkusumo dr. Faisal Parlindungan Sp.PD mengatakan cuaca panas dapat berdampak lebih serius pada kesehatan orang-orang yang rentan seperti lansia, ibu hamil, dan anak-anak karena dehidrasi.

"Dehidrasi ditandai dengan rasa haus, kulit terasa kering dan panas, keringat berlebih, pucat, rasa berdebar atau jantung berdetak lebih cepat, keram pada kaki atau perut, urine sedikit dan berwarna pekat yang jika tidak ditangani dapat mengakibatkan komplikasi seperti syok hipovolemik," kata Faisal dalam wawancara tertulis dengan ANTARA, dikutip ArahKata.com, Sabtu, 4 Mei 2024.

Selain itu pada kelompok rentan, cuaca panas juga bisa menyebabkan heatstroke atau serangan panas.

Baca Juga: Warga Aceh Utara Wafat Diduga Akibat Dianiaya Oknum Polisi, Haji Uma Minta Polda Aceh Tangani Serius

Faisal menjelaskan heatstroke adalah kondisi medis darurat yang terjadi ketika suhu tubuh naik di atas 40 derajat Celcius.

Gejalanya meliputi kebingungan, kejang, dan kehilangan kesadaran.

Paparan panas yang berkepanjangan pada orang yang rentan juga dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ vital, seperti jantung, ginjal, dan otak.

Baca Juga: Korlantas Polri Uji Coba Kirim Surat Tilang Melalui Aplikasi Whatsapp

Pada lansia, kemampuan tubuh untuk mengatur suhu internal akan menurun seiring bertambahnya usia. Lansia dengan komorbid seperti jantung, diabetes dan ginjal juga dapat memperburuk efek dehidrasi dan panas.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah