KBRI Bern Akan Lakukan Penghormatan Hak Eril dalam Islam

- 10 Juni 2022, 11:56 WIB
Jenazah sang Anak Eril Dimandikan dalam Kondisi Utuh, Tersenyum dan Wangi, Atalia Praratya Bersyukur./Tangkap Layar Kolase Foto Instagram
Jenazah sang Anak Eril Dimandikan dalam Kondisi Utuh, Tersenyum dan Wangi, Atalia Praratya Bersyukur./Tangkap Layar Kolase Foto Instagram /

ARAHKATA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern di Swiss menyatakan putra sulung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril (22), telah ditemukan dalam kondisi meninggal.

Hal tersebut disampaikan Duta Besar (Dubes)  RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Dharmansyah Hadad, melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 9 Juni 2022.

Muliaman menegaskan, sesuai prosedur hukum yang berlaku di Swiss, pihak kepolisian langsing menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke Pengadilan Kanton Bern atau pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Eril dari pihak kepolisian ke keluarga.

Baca Juga: Jenazah Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde Bern Swiss

"Sekitar dua jam yang lalu, pengadilan telah memberikan kewenangan kepada keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad Eril," katanya Kamis, 9 Juni 2022.

Muliaman memastikan akan melakukan penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai Muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam.

"KBRI akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga Eril tiba di Indonesia. Kami mohon doa dan dukungan teman-teman media agar seluruh proses persiapan kepulangan Eril ke Indonesia dapat berjalan dengan lancar," jelasnya.

Baca Juga: Masih Jadi Duka Mendalam, Atalia Praratya Ungkap Kecintaannya Eril Pada Air

Sebelumnya kepolisian Bern telah bertemu di KBRI Bern bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad diduga Eril, pada Rabu, 8 Juni 2022 pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB di Bendungan Engehalde di Bern.

"Sesuai prodsedur yang berlaku, tim forensik kepolisan langsung melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan adalah benar Eril," kata Muliaman.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x