Menhan Prabowo: Asia Tenggara Kawasan Damai

- 12 Juni 2022, 12:40 WIB
Prabowo Subianto pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN dan Amerika Serikat.
Prabowo Subianto pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN dan Amerika Serikat. /Instagram @prabowo/

ARAHKATA - Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI), Prabowo Subianto, menegaskan bahwa Indonesia akan tetap teguh dalam politik luar negeri yang bebas aktif.

Selain itu Prabowo juga mengatakan bahwa akan mempertahankan Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai, bebas dan netral dalam semangat Deklarasi ZOPFAN (Zone of Peace Freedom and Neutrally).

Hal itu disampaikan Menhan Prabowo kepada Menteri Pertahanan Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Mr. H.E. General Wei Fenghe.

Baca Juga: Menhan Prabowo bertemu Menhan Malaysia dan Filipina, Dialog Keamanan Maritim

Dalam Pertemuan tersebut kedua menteri pertahanan membahas berbagai isu mulai dari penanganan COVID-19, kerja sama yang telah berjalan antara kedua negara di bidang pertahanan, dan isu terkini tekait keamanan global.

“Pertemuan itu, merupakan bukti terjalinnya hubungan kerja sama pertahanan yang baik antara kedua negara. Semoga kerja sama dan persahabatan antara Indonesia dan Tiongkok dapat terus terjaga dengan semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati,” ucap Prabowo dikutip Arahkata pada Minggu, 12 Juni 2022.

Pertemuan antara kedua menteri pertahanan itu, adalah salah satu agenda Prabowo dalam kunjungan kerja ke Singapura untuk berbicara pada International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022.

Baca Juga: Menhan Prabowo Subianto Terima Vaksin Nusantara

Hal itu salah satu forum terpenting bagi pejabat senior dunia untuk berbagi perspektif baru tentang tantangan keamanan yang berkembang di Asia.

Di sela-sela pembicaraan, Prabowo juga menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih atas bantuan RRT yang mengirimkan peralatan untuk penanganan COVID-19 di Indonesia.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah