LRT Jabodebek Mulai Beroperasi Besok Senin, Akan Melintasi 18 Stasiun

- 27 Agustus 2023, 20:39 WIB
Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang berencana akan beroperasi pada Senin, 28 Agustus 2023.
Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang berencana akan beroperasi pada Senin, 28 Agustus 2023. /Dok LRT/ARAHKATA

ARAHKATA - Sebanyak 18 stasiun akan melayani masyarakat yang ingin menggunakan transportasi Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang berencana akan beroperasi pada Senin, 28 Agustus 2023.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, 18 stasiun yang akan melayani penumpang LRT Jabodetabek pada esok hari, yakni Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

"Stasiun-stasiun LRT Jabodebek berada di lokasi-lokasi strategis mulai dari kawasan perumahan hingga kawasan bisnis. Tujuannya untuk memudahkan para penglaju bertransportasi dari dan menuju Ibukota atau wilayah lainnya," ujar Joni dalam keterangannya, dikutip ArahKata.com pada Minggu, 27 Agustus 2023.

Baca Juga: Pertamina Buka Lowongan Kerja, Berbagai Posisi Segera Mendaftar Waktu Terbatas!

Joni menjelaskan, stasiun LRT terdiri dari dua tipe, yakni tipe Interchange Station di Stasiun Cawang, dan tipe Typical Station untuk 17 stasiun lainnya. Perbedaan dari tipe stasiun itu kata Joni, adalah jumlah jalur, luas stasiun dan fasilitas tambahan yang ada di dalamnya.

Interchange Station sendiri terdiri dari 3 lantai, di mana lantai 1 yaitu area boarding dan komersial, lantai 2 area peron, dan lantai 3 adalah area komersial.

Sedangkan untuk tipe Typical Station, terdiri dari 2 lantai, di mana lantai 1 adalah area boarding dan lantai 2 merupakan area peron.

Baca Juga: Viral! Foto Donald Trump Jadi Tahanan Dilihat 221 Juta Kali di Twitter, Elon Musk Komentar

Stasiun Cawang menggunakan tipe Interchange Station dikarenakan merupakan stasiun persimpangan atau stasiun transit. Pelanggan dari Stasiun Harjamukti yang ingin menuju ke arah Stasiun Jatimulya dapat berhenti terlebih dahulu di Stasiun Cawang, dan berganti kereta tujuan Stasiun Jatimulya, maupun sebaliknya.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x