Dinkes DKI Jakarta Terus Pantau Kasus Cacar Monyet Hingga 2 Pekan ke Depan

- 7 November 2023, 12:03 WIB
Dinkes DKI Jakarta Terus Pantau Kasus Cacar Monyet Hingga 2 Pekan ke Depan
Dinkes DKI Jakarta Terus Pantau Kasus Cacar Monyet Hingga 2 Pekan ke Depan /Pixabay/Gerd Altmann/

ARAHKATA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta terus memantau perkembangan kasus cacar monyet atau monkeypox hingga dua pekan ke depan.

"Perlu terus dipantau penambahan kasus positif cacar monyet di Jakarta dan Indonesia minimal sampai dengan 24 November 2023," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ngabila Salama, dikutip Arahkata Selasa 7 November 2023.

Pemantauan tersebut dilakukan berdasarkan prediksi inkubasi virus cacar monyet. Yakni dua kali masa inkubasi terpanjang atau enam minggu dari 13 Oktober 2023 kasus transmisi lokal pertama ditemukan di Indonesia.

Baca Juga: Hati-Hati! Kasus Cacar Monyet di Jakarta Terus Naik, Capai 22 Orang

Selain itu, ia juga menyebutkan pemantauan ini akan dilakukan di tempat-tempat ramai dengan mobilitas dan aktivitas yang tinggi.

Pemantauan dilakukan bisa dengan cara penemuan kasus aktif yang perlu dilakukan terutama kelompok-kelompok tertentu dan orang bergejala atau yang berpotensi menular lewat seksual.

"Cacar dengan riwayat seks berisiko (baik oral dan genital). Monkeypox di Indonesia sampai saat ini 100 persen ditularkan melalui kontak seksual," katanya.

Baca Juga: Pj Gubernur Lakukan Tracing Ketat Usai Cacar Monyet di Jakarta Semakin Nambah

"Data global menyebutkan 95 persen ditularkan melalui kontak seksual. "Data global sudah ada lima persen penularan droplet pada anak, ibu hamil, ibu menyusui, lansia sebagai kelompok rentan lainnya," ujarnya.

Masyarakat diimbau untuk tidak terlalu cemas. Hal itu karena pemantauan kasus cacar monyet sebagai upaya penemuan deteksi dini yang secepatnya diobati untuk memutus rantai penularan.***

 

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x