Pneumonia Misterius Terdeteksi di Jakarta, Kemenkes Imbau Kembali Pakai Masker

- 6 Desember 2023, 13:07 WIB
Pneumonia Misterius Terdeteksi di Jakarta, Kemenkes Imbau Kembali Pakai Masker
Pneumonia Misterius Terdeteksi di Jakarta, Kemenkes Imbau Kembali Pakai Masker /

ARAHKATA - Kasus pneumonia misterius yang diduga dari bakteri mycoplasma kini sudah terdeteksi di Jakarta, Indonesia.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Imran Pambudi mengimbau masyarakat kembali memakai masker.

"Sudah ada laporan lisan dari fasilitas kesehatan (faskes) dan saat ini sedang dalam tahap konfirmasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta. Masyarakat diimbau memakai masker sebagaimana mestinya," kata Imran, dikutip Arahkata Rabu 6 Desember 2023.

Baca Juga: Kasus Pneumonia Misterius Terdeteksi di Indonesia!

Saat ini Kemenkes masih terus mengonfirmasi jumlah pasien yang dirawat. Berdasarkan informasi terbaru, pasien mengalami gejala ringan dan sedang dirawat jalan.

Sebelumnya, ia juga menyebut bakteri mycoplasma merupakan bakteri umum yang mengakibatkan infeksi pernapasan sebelum COVID-19.

"Di China, mycoplasma memang menjadi kasus terbanyak pada kasus pneumonia. Mycoplasma itu bakteri, bukan virus, dan merupakan penyakit penyebab umum infeksi pernapasan sebelum masa COVID-19," ucap Imran.

Baca Juga: Kasus Pneumonia di China, Menkes RI: Bukan Sesuatu yang Baru Seperti COVID-19

Ia menjelaskan, mycoplasma adalah penyebab umum influenza dan penyakit paru, dengan kejadian 8,6 persen, dan berdasarkan informasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terjadi peningkatan kasus mycoplasma pneumonia sejak Mei 2023 di China.

"WHO mendeteksi adanya sinyal pneumonia belum terdiagnosis, utamanya pada anak yang dipublikasikan di jurnal Promed pada 22 November 2023. Tiga dari empat pasien didiagnosis terinfeksi mycoplasma, selain ada pengaruh lainnya seperti SARS-COV dan influenza," ujarnya.***

Editor: Tia Martiana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x