Duh! Virus COVID-19 Varian Baru JN.1 Terdeteksi di Jakarta dan Batam

- 19 Desember 2023, 13:20 WIB
Duh! Virus COVID-19 Varian Baru JN.1 Terdeteksi di Jakarta dan Batam
Duh! Virus COVID-19 Varian Baru JN.1 Terdeteksi di Jakarta dan Batam /Pixabay/Thor_Deichmann/

ARAHKATA - Virus Corona (COVID-19) varian baru JN.1 terdeteksi di wilayah DKI Jakarta dan Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, satu kasus COVID-19 varian JN.1 ditemukan di Jakarta Selatan pada 11 November, Jakarta Timur 23 November, dan Batam 13 Desember 2023.

COVID-19 JN.1 ini dilaporkan dekat dengan varian BA.2.86 dan dikhawatirkan dapat mempengaruhi pola penularan dan tingkat keparahan.

Baca Juga: Duh! COVID-19 di Kota Semarang Bertambah, Ada 10 Kasus Positif

Menurut laporan per 18 Desember 2023 ada dua kasus kematian akibat COVID-19. Namun, menurutnya, kedua kasus tersebut tidak disebabkan oleh virus Corona tipe JN.1.

"Satu pasien meninggal sudah divaksin dua kali dan memiliki komorbid. Satunya lagi belum pernah divaksin dan mengalami infeksi paru-paru," kata Maxi dikutip Arahkata Selasa 19 Desember 2023.

Pihaknya terus mengimbau masyarakat melengkapi vaksinasi COVID-19 untuk menghindari risiko penularan penyakit tersebut menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Kembali Tinggi, Dinkes DKI Temukan 2 Orang Meninggal

​​​​​​​"Masyarakat diimbau untuk segera melengkapi dosis vaksin COVID-19, segera datangi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat di puskesmas atau Kantor Kesehatan Pelabuhan. Jangan ditunda-tunda," katanya.***

Editor: Tia Martiana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x