Siap-Siap! Vaksin COVID-19 Akan Berbayar Mulai 1 Januari

- 28 Desember 2023, 14:08 WIB
Siap-Siap! Vaksin COVID-19 Akan Berbayar Mulai 1 Januari
Siap-Siap! Vaksin COVID-19 Akan Berbayar Mulai 1 Januari /ANTARA

ARAHKATA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengatakan akan menerapkan sistem berbayar untuk vaksin COVID-19 mulai 1 Januari 2024.

"Betul, 1 Januari 2024 vaksinasi COVID-19 mulai bayar," kata Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Ia menyebut vaksin COVID-19 ini berlaku untuk semua penyuntikan dosis vaksin. Namun, ada beberapa kelompok yang tetap mendapat gratis, seperti lansia dan kelompok rentan lainnya.

Baca Juga: Kemenkes: COVID-19 Melonjak Lagi, Ingatkan Masyarakat Lengkapi Vaksin Booster

Ani juga belum mengetahui rincian biaya yang akan dikenakan setiap dosis vaksin. Pihaknya masih menunggu mekanisme dan teknis pelayanan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"Belum ada rinciannya, mungkin akan dilepas ke mekanisme pelayanan biasa. Seperti sekarang kan ada vaksin program yang tidak berbayar, ada juga vaksin yang bukan vaksin program. Mungkin dilepas seperti itu. Tapi kita tunggu regulasi Kemenkes seperti apa," jelasnya.

Lebih lanjut, Ani memastikan khusus di DKI Jakarta vaksinasi gratis masih tersedia di seluruh puskesmas kecamatan hingga akhir tahun.

Baca Juga: Antisipasi Varian Covid Baru, Polresta Bandara Soetta Siapkan Posko Vaksin Booster

Pemprov DKI Jakarta juga terus mengingatkan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi COVID-19, menggunakan masker, memastikan tubuh dalam kondisi sehat demi menjaga penyebaran kasus COVID-19 saat libur tahun baru.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x