Gempa di Sumedang, 500 Petugas Kepolisian Dikerahkan Bantu Warga Terdampak

- 1 Januari 2024, 14:10 WIB
Gempa di Sumedang, 500 Petugas Kepolisian Dikerahkan Bantu Warga Terdampak
Gempa di Sumedang, 500 Petugas Kepolisian Dikerahkan Bantu Warga Terdampak /Anta Foto/Raisan Al Farisi/

ARAHKATA - Gempa dengan kekuatan magnitudo 4,8 terjadi di Kabupaten Sumedang pada 31 Desember 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bumi itu dirasakan di daerah Sumedang, Lembang, Subang, Bandung, dan Garut.

Sekitar 500 petugas kepolisian, TNI, Kantor Pencarian dan Pertolongan, dan instansi pemerintah lainnya turun untuk membantu penanganan dampak gempa bumi itu.

Baca Juga: Gempa Kekuatan Magnitudo 3,3 Terjadi di Barat Laut Jailolo Maluku Utara

"Kurang lebih 500 personel, gabungan dari TNI, Polri, dan dinas terkait (yang diturunkan)," kata Kepala Seksi Humas Kepolisian Resor Sumedang AKP Awang Munggardijaya, dikutip Arahkata Senin 1 Januari 2024.

Ia menyampaikan Kepolisian Resor Sumedang langsung menurunkan petugas untuk mengecek kondisi wilayah kerja masing-masing.

Beberapa kepolisian sektor melaporkan gempa menyebabkan kerusakan rumah penduduk. Jumlah rumah yang rusak akibat gempa menurut laporan dari kepolisian sektor sekitar 100 unit.

Baca Juga: Kemenag Gelar Sholat Gaib untuk Korban Gempa di Maroko dan Banjir di Libya

"Yang masuk ke kami baru ada tujuh kecamatan yang dilaporkan terdampak. Korban jiwa tidak ada, hanya kerusakan rumah yang jumlahnya masih terus didata di lapangan," katanya.

Bersama personel TNI dan instansi terkait lain, Awang juga mengatakan, pihak kepolisian membantu penyiapan tenda untuk menampung pasien yang dievakuasi ke luar rumah sakit semasa gempa.

Halaman:

Editor: Tia Martiana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x