Waduh! KA Pandalungan Anjlok, Jalur Kereta Api Rute Sidoarjo Terhambat

- 14 Januari 2024, 14:49 WIB
Sejumlah petugas KAI mengevakuasi KA Pandalungan yang anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu (14/1/2024).
Sejumlah petugas KAI mengevakuasi KA Pandalungan yang anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu (14/1/2024). /Antara

ARAHKATA - Kereta Api (KA) Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember anjlok di emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu, 14 Januari 2024 pagi. Akibatnya, rute perjalanan KA jurusan Jember terhambat.

Dari pantauan di lokasi, KA 11 gerbong dari arah utara menuju ke selatan ini anjlok di emplasemen atau peron Tanggulangin pukul 07.55 WIB. Sebanyak dua gerbong dan satu lokomotif anjlok.

Sementara itu, ekor dari rangkaian gerbong kereta sempat menutup di jalur perlintasan Kludan, Tanggulangin. Hingga pukul 10.00 WIB, sembilan rangkaian gerbong ditarik menuju stasiun KA Sidoarjo.

Baca Juga: Bank Syariah Indonesia Buka Loker Januari 2024, Simak Link Pendaftarannya!

Salah satu penumpang kereta asal Lumajang, Hesti mengatakan, saat kereta anjlok kondisi penumpang di dalam gerbong sempat menegangkan. Saat itu, dia merasakan getaran yang tidak wajar di dalam gerbong kereta.

"Kami sempat takut, sampai baca takbir berkali-kali," ucapnya.

Hesti menuturkan, dirinya naik kereta Pendalungan pukul 20.00 WIB pada Sabtu, 13 Januari 24 malam. Dia naik dari Stasiun Gambir Jakarta menuju Stasiun Lumajang. Akibat kereta anjlok, dia harus turun di stasiun Tanggulangin dan melanjutkan perjalanan dengan kendaraan lain.

Baca Juga: Sidang Perkara Dugaan Korupsi Akuisisi SBS oleh BMI, Saksi dari JPU Untungkan Terdakwa

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan. Dia mengungkapkan, jalur KA untuk sementara tidak dapat dilalui karena kecelakaan tersebut.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x