Adi Prayitno: Sentil Keras Luhut Kau Sendiri Sudah Berbuat Apa untuk Negara?

- 17 Maret 2024, 22:07 WIB
Pengamat politik, Adi Prayitno.
Pengamat politik, Adi Prayitno. /Rmol/

ARAHKATA - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN Syarif Hidayatullah) Adi Prayitno memberikan sindiran keras kepada Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang meminta pengritik pemerintah untuk pindah saja ke negara lain.

“Mendadak teringat Gus Dur dikritik apa saja santai. Sekarang yang ngeritik disuruh pergi dari negara ini,” kata Adi dalam keterangannya yang dikutip, ArahKata.com pada Minggu, 17 Maret 2023.

Direktur eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) itu pun mengingatkan kepada Luhut dan seluruh pejabat negara lainnya, agar paham bagaimana konsekuensi dari demokrasi. Kritik adalah sebuah keharusan.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Merajai Perolehan Suara 30 dari 32 Provinsi yang Disahkan KPU

“Demokrasi itu memang berisik. Rakyat bebas kritik pemimpin. Nggak perlu ditanya sudah bantu apa buat negara. Boleh nanya balik? kau sendiri sudah berbuat apa untuk negara?,” ujarnya.

Sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengaku kesal dengan pengkritik pemerintah. Luhut menyebut jika kritik jelek terus diberikan lebih baik angkat kaki dari Indonesia.

Menurut Luhut, 10 tahun pemerintahan Jokowi Indonesia banyak dapat pujian dari negara lain.

Baca Juga: PLN Gelar Mudik Bersama BUMN 2024, Begini Cara Daftar dan Tahapannya 

Bahkan, banyak negara yang mencontoh program program pemerintahan Jokowi. Salah satunya kenya yang meng-copy kebijakan Jokowi terait e-katalog.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x