Video Plesetan Lagu 'Indonesia Raya' Viral, Ini Sikap Kemenlu

- 28 Desember 2020, 20:39 WIB
/

ARAHKATA - Baru-baru ini muncul video plesetan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' yang diunggah akun berlogo bendera Malaysia MY Asean yang diduga dibuat dan diunggah warga Malaysia.

Terkait hal ini, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) langsung bereaksi. Menlu Retno Masudi pun mengaku sudah mengetahui lagu penghinaan terhadap Indonesia Raya yang dilakukan MY Asean.

Pihaknya juga sudah melaporkan hal itu ke Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

“(Laporan ke Polisi Diraja Malaysia) Sudah dilakukan Kemlu dan KBRI di Kuala Lumpur,” ucap Retno kepada wartawan, Minggu (27/12).

Saat ini, otoritas keamanan Malaysia sedang melakukan penelusuran untuk mencari keberadaan pemilik akun MY Asean.

Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta juga tengah memastikan pihak berwenang Malaysia menyelidiki masalah tersebut.

"Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta memperhatikan video yang diduga diunggah di Malaysia yang mengejek dan menghina Indonesia." tulis pernyataan Kedubes Malaysia di Indonesia yang diunggah akun Twitter @MYEmbJKT, Senin (28/12).

Kedubes memastikan pelaku akan ditindak, jika ternyata didapati pelaku parodi Indonesia Raya adalah warga negara Malaysia, Pelaku saat ini masih dicari.

"Akan dilakukan tindakan tegas berdasarkan ketentuan hukum yang ada," tulis Kedubes Malaysia.

Untuk diketahui, dalam video itu, bukan lirik 'Indonesia Raya' saja yang diubah, tapi juga Garuda Pancasila yang diubah menjadi ayam.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x