PKB Pesan Kepada Listyo Setelah Jabat Kapolri Perhatikan Lulusan Madrasah

- 21 Januari 2021, 09:42 WIB
Calon Kapolri bersama Cucun Syamsuridjal
Calon Kapolri bersama Cucun Syamsuridjal /ARAH KATA

ARAH KATA - Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mendapat pesanan dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) agar adanya peluang bagi siswa lulusan madrasah atau pesantren untuk menjadi anggota Polri.

Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal menitipkan pesanan tersebut saat uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri di Ruang Komisi III, Gedung DPR, Senayan, Rabu (20/1/2021).

”Saya mewakili komponen dan komunitas dari madrasah, saya minta nanti ada, kita apresiasi apa yang Bapak sampaikan tentang penataan, transformasi organisasi bagaimana SDM Polri yang unggul di era 4.0, kita berharap bagaimana lulusan-lulusan pesantren yang kita sudah punya regulasi UU Nomor 18 Tahun 2019, ada rekognisi pengakuan kelulusan mereka juga punya kesempatan (menjadi anggota Polri-red),” ujar Cucun.

Baca Juga: Meluncur ke Halmahera dan Manado, Risma Bawa Perlengkapan Bayi dan Bantuan Pangan

Menurut dia, siswa yang dari madrasah maupun dari lembaga sekolah agama lainnya kesulitan mendapatkan pekerjaan terutama untuk masuk menjadi anggota Kepolisian. Cucun juga menyoroti adanya ketimpangan antara jumlah anggota Polri dengan populasi masyarakat.

”Afirmasi ini harus ada dan bagaimana nanti dalam penerimaan SDM di Polri kedepan itu diharapkan (mengakomodasi lulusan pesantren-red), karena kalau dari sisi kuantiti, itu kan kita masih terjadi permasalahan antara jumlah anggota Polri dengan populasi kita,” tuturnya.

Cucun juga mempertanyakan langkah Kapolri ke depan dalam menyelesaikan persoalan terorisme dan berbagai persoalan hukum lain sehingga bisa memberikan kepastian hukum kepada masyarakat, termasuk bagi kalangan internasional dan para calon investor yang menginginkan adanya kepastian hukum.

Baca Juga: Akhirnya Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo Disetujui sebagai Kapolri oleh DPR

”Polri diharapkan bisa memberikan kepastian hukum sehingga orang merasa aman dan nyaman berada di Indonesia,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x