Bamusi : Bung Karno Sering Minta Nasihat Para Ulama NU

- 1 Februari 2021, 06:30 WIB
Sekretaris Umum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), Nasyirul Falah Amru.
Sekretaris Umum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), Nasyirul Falah Amru. /ANTARA

ARAHKATA - Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) mencoba menyegarkan kembali ingatan masyarakat Indonesia akan kedekatan Presiden RI Pertama Soekarno atau Bung Karno dengan NU serta para tokohnya.

Organisasi sayap PDI Perjuangan (PDIP) tersebut menyatakan bahwa kedekatan Bung Karno dengan para ulama NU seperti Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy’ari dan KH Abdul Wahab Hasbullah telah sangat lama terjalin.

Sekretaris Umum Bamusi, Nasyirul Falah Amru atau akrab disapa Gus Falah, mengungkapkan bahwa Bung Karno sering meminta nasihat para ulama NU sebelum mengeluarkan keputusan penting terkait bangsa dan negara.

Baca Juga: Jaga Kebhinekaan, Sachrudin Pakai Udeng Saat Meninjau Kegiatan Donor Darah

“Seperti ketika Bung Karno merumuskan Pancasila, beliau selalu meminta dawuh dari Hadratussyaikh, dan putranya yang juga ayah dari Gus Dur, yakni KH Abdul Wahid Hasyim,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu 31 Januari 2021.

Gus Falah yang juga Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu mengatakan, kedekatan Bung Karno dengan NU juga tampak tatkala Sang Proklamator ingin mengundang para tokoh agama untuk menggelar suatu pertemuan.

Bung Karno pun meminta saran dari KH Wahab Hasbullah tentang nama yang cocok untuk pertemuan tersebut.

Baca Juga: Pemda DKI Lakukan Uji Coba Flyover Lenteng Agung

“Dan KH Wahab Hasbullah pun menyarankan kepada Bung Karno untuk menamakan pertemuan tersebut ‘Halal bi Halal’,” katanya.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah