Bukan Jadi Zombie, Ini Reaksi Setelah Disuntik Vaksin Covid-19

- 25 Februari 2021, 21:36 WIB
Rusman pedagang pasar Wondori Semarang ikuti vaksinisasi
Rusman pedagang pasar Wondori Semarang ikuti vaksinisasi /ARAHKATA/Dok. Humas Pemkot Semarang

ARAHKATA - Bagi beberapa orang masih khawatir disuntik vaksin Covid-19. Beberapa bahkan mulai berimajinasi dengan liar, menyebutkan jika disntuk vaksin virus corona bisa menjadi zombie atau pikiran dikendalikan oleh suatu pihak.

Pemerintah dan Kementerian Kesehatan terus meyakinkan masyarakat keamanan vaksin Covid-19. Vaksin harus melewati beberapa tahap uji coba sebelum produsen dapat mengajukan permohonan persetujuan dari otoritas kesehatan.

Pada awalnya, efek jangka panjang spesifik dari setiap perawatan medis baru, termasuk vaksin, tidak diketahui. Kuncinya adalah menyeimbangkan potensi risiko mendapatkan vaksin yang telah menjalani pengujian ekstensif dengan bahaya yang diketahui dari pengembangan Covid-19.

Baca Juga: Vaksin Setiap Hari ala Nasrullah, Begini Caranya

Setelah disntuk vaksin, beberapa orang akan mendapatkan reaksi berbeda yaitu:

- Kebas atau nyeri di tempat suntikan
- Bengkak di tempat suntikan
- Kelelahan
- Sakit kepala dan nyeri otot
- Demam

Efek sampingnya mungkin lebih buruk setelah dosis kedua vaksin karena respons kekebalan tubuh akan ditingkatkan.

Melansir dari Healthline, cara kerja vaksin adalah mendorong sistem kekebalan untuk membuat antibodi untuk bertahan melawan penyakit tertentu. Dengan kata lain, vaksin membuat sistem kekebalan berperilaku seolah-olah tubuh sudah menderita penyakit ini.

Setelah vaksinasi, orang yang divaksin mengembangkan kekebalan terhadap penyakit tersebut. Tubuh mereka dapat melawan infeksi jika terpapar patogen, seperti virus korona baru, terjadi.

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah