Pemerintah Identifikasi 4 Temuan Varian Covid-19 B117

- 9 Maret 2021, 04:26 WIB
Ilustrasi kasus mutasi virus Corona B117 di Indonesia.*
Ilustrasi kasus mutasi virus Corona B117 di Indonesia.* /ANTARA/Aswaddy Hamid

ARAHKATA - Kementerian Kesehatan RI bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah mengindentifikasi 4 temuan varian Covid-19 B117 di Indonesia selama Januari 2021 sampai kini. 

Varian Covid-19 B117 adalah mutasi dari virus corona terbaru dengan daya penyebarannya lebih cepat ketimbang Covid-19 sebelumnya. Awal kasus Covid-19 B117 ini ditemukan pada negara Inggris dengan jumlah orang terpapar cukup banyak.

Sementara di Indonesia sudah tercatat empat kasus dan langsung mendapatkan penanganan langsung oleh tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Minta Stakeholder Dengar Suara Rakyat

"Kasus temuan pertama ditemukan pada dua orang TKI asal Indonesia kemarin. Selain dua kasus (B117) kemarin yang sudah kita identifikasi, kami menemukan empat lagi," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konfrensi pers virtual 'Perpanjangan PPKM', Senin, 8 Maret 2021.

Menkes menambahkan empat kasus baru tersebut ditemukan pada warga Kalimantan Selatan, Palembang, Balikpapan dan Medan dengan rentang waktu 1 bulan, yakni Januari 2021.

"Penemuan tersebut terjadi pada wilayah berbeda dan sudah terindentifikasi pada 6 Januari 2021 satu warga Kalimantan Selatan, satu orang warga Palembang terindentifikasi pada 11 Januari, kejadian berikutnya pada 12 Januari warga Balikpapan dan 28 Januari warga Medan," ucap Menkes.

Baca Juga: Hadirkan Petinggi PWI Adakan UKW, PRMN Komitmen Tingkatkan Kualitas Jurnalisme

Budi mengatakan bahwa empat kasus tersebut terindentifikasi berdasarkan hasil test dengan metode Whole Genome Sequencing (WGS).

Kemenkes RI menjelaskan bahwa Menteri Kesehatan bakal segera melakukan penelusuran kontak manusia atau tracing dari pasien Covid-19 B117.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah