UMKM Perikanan Indonesia, KKP Mendorong Peran Serta Kaum Perempuan

- 24 Maret 2021, 07:35 WIB
Ilustrasi produk UMKM
Ilustrasi produk UMKM /Foto: Humas IPC

 

ARAHKATA - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) menggelar Seminar Nasional dengan tema “Akses Pembiayaan BLU LPMUKP Mendorong Perempuan Pengusaha Sukses” yang diadakan dalam rangka HUT ke-46 secara daring pada Sabtu 20 Maret 2021.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti, berharap bahwa seluruh perempuan di Indonesia berdaya melalui kapasitas dan pengetahuan dan peluang untuk mencapai pemberdayaan dalam bidang ekonomi sehingga tercipta kesetaraan gender.

“Upaya ini tentu memerlukan dukungan berbagai pihak, termasuk Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) sebagai penggerak UMKM, untuk memberdayakan dan memperkuat UMKM di sektor kelautan dan perikanan,” ucap Artati dalam sambutannya.

Baca Juga: Kenangan Romantika Anang KD, Netizen Doakan yang Terbaik untuk Keduanya

KKP pun mengajak perempuan di bawah naungan IWAPI perkuat posisinya dalam usaha perikanan yang dapat berjalan beriringan dengan 3 terobosan KKP, yaitu:

1. Meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak dari sub sektor perikanan tangkap dan meningkatkan kesejahteraan nelayan,
2. Menggerakkan perikanan budidaya untuk peningkatan ekonomi masyarakat;
3. Mengembangkan kampung-kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal di sejumlah daerah Indonesia.

Untuk mencapai hal tersebut memang tidaklah mudah dikarenakan indeks literasi keuangan dan indeks inklusi keuangan perempuan masih lebih rendah dibandingkan laki-laki.

Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan akses keuangan bagi perempuan. Padahal, akses terhadap layanan keuangan juga memungkinkan masyarakat khususnya perempuan, untuk keluar dari kemiskinan salah satunya dengan berwirausaha.

Perempuan diajak untuk memperkuat posisi dalam usaha perikanan beriringan dengan terobosan KKP.

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x