Pertamina Gunakan Metode Foam Redam Kebakaran Tangki Minyak

- 29 Maret 2021, 18:35 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. /twitter.com/kemenBUMN

ARAHKATA - Dirut Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pihak PT Pertamina (Persero) setelah berhasil memadamkan kebakaran tangki di area kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Salah satu metode pemadaman api di tangki di kilang minyak menggunakan alat bantu foam yang sengaja di bidik ke parimeter bund wall.

"Kondisi terkini api telah dapat dilokalisir di dalam bund wall. Jadi di sekitar tangki ini ada tangga napi sudah bisa kita lokalisir di sana dan untuk pemadaman kami menggunakan foam ke parimeter bund wall dan pusat nyala api," katanya dalam Konferensi pers virtual, Senin, 29 Maret 2021.

Baca Juga: Bersurat, Ini yang Diminta Effendi Gazali ke KPK!

Nicke juga menuturkan bahwa keberadaan foam yang di lempar langsung ke parimeter Bun wall dan pusat nyala api membantu dalam menekan laju jalarnya api ke sejumlah area lain.

"Tentu saja kami pastikan bahwa api tidak menjalar ke area lain karena sudah ditekan penyebarannya menggunakan foam ke parimeter bund wall dan pusat nyala api," ujarnya.

Lebih lanjut, Mantan Direktur Pengadaan Strategis I di PLN (Persero) tahun 2014 ini menegaskan di sekitar lokasi kebakaran sudah berhasil didinginkan. Dia juga mengklaim bantuan 10 mobil pemadam kebakaran berhasil menekan titik api di area lokasi tersebut.

"Untuk mencegah api itu kita daerah lain kami juga melakukan pendinginan di area sekitar untuk menekan suhu panas di sekitar lokasi. Tentunya dengan penanganan dari 10 mobil pemadam kebakaran yang kita operasikan," ucap Nicke.

Baca Juga: Hati-hati Nekat Mudik Lebaran 2021 Kena Sanksi Berikut!

Alumnus ITB itu menuturkan sejauh ini ada sedikitnya 5 orang warga yang masih mendapatkan perawatan intensif terkait ledakan tangki di kilang minyak Balongan.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x