Kabar Baik! Pemerintah Perluas Wilayah Program Telemedicine

- 24 Juli 2021, 08:10 WIB
Kementerian Kesehatan menyediakan layananan untuk pasien isoman Covid-19 di Bodetabek dengan 11 telemedicine dan obat gratis.
Kementerian Kesehatan menyediakan layananan untuk pasien isoman Covid-19 di Bodetabek dengan 11 telemedicine dan obat gratis. /PIXABAY/Pexels

ARAHKATA - Program telemedicine atau paket obat gratis dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) untuk pasien COVID-19 yang isoman diperluas.

Tan hanya wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) tapi program tersebut diperluas ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Bali.

Diketahui sebelumnya ada 11 platform telemedicine gratis yang bekerja sama dengan Kemenkes yaitu Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell.

Baca Juga: Blusukan Cek Apotek di Bogor, Presiden Jokowi Langsung Telepon Menkes

Pasien isoman COVID-19 tanpa gejala maupun gejala ringan nantinya melakukan tes di lab terafiliasi Kemenkes, dan lanjut berkonsultasi dengan salah satu platform kerjasama Kemenkes RI.

"Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR/Antigen di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, drg Widyawati MKM.

Baca Juga: Terimbas Pandemi, Akhirnya Toyota Hentikan Produksi

Hasil tes positif COVID-19 pasien akan langsung terdata di hasil pemeriksaan database Kemenkes RI.

"Maka pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis," demikian pengumuman Kemenkes RI melalui rilis resmi.

Berikut tata cara mendapatkan paket obat gratis saat melakukan telemedicine menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML).

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x