Telan Biaya Triliunan, Jokowi Resmikan Bendungan Way Sekampung

- 2 September 2021, 20:16 WIB
Jokowi meresmikan Bendung Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Lampung
Jokowi meresmikan Bendung Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Lampung /kanal YouTube sekretariat presiden

ARAHKATA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Way Sekampung, pada Kamis 2 September 2021 di Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Dilansir Arahkata dari kanal YouTube Sekretariat Presiden yang diunggah pada 2 September 2021. Bendung Way Sekampung ini dibangun sejak tahun 2016.

"Alhamdulillah Bendungan Way Sekampung yang dibangun sejak (tahun) 2016 hari ini telah selesai dan siap difungsikan", ujar Jokowi.

Baca Juga: Ini Pesan Wapres Saat Kunjungi PTM di Jakarta

Jokowi juga menyebutkan untuk menyelesaikan Bendungan ini, telah menelan biaya mencapai Rp1,78 triliun.

"Bendungan ini menelan biaya Rp1,78 triliun dan memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik, dengan luas genangan 800 hektar", kata Jokowi.

Lebih lanjut, bendungan ini dapat mengairi 55 ribu hektare daerah irigasi yang ada saat ini ditambah 17.500 hektare areal pertanian baru, menyediakan air baku hingga 2,737 liter per detik, serta berpotensi menghasilkan daya listrik sebesar 5,4 megawatt.

 Baca Juga: Jokowi Janji Tambah Pasokan Vaksin di Lampung

Jokowi berharap bendung tersebut dapat bermanfaat untuk kelangsungan hidup masyarakat sekitar.

"Kita berharap bendungan ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kabupaten Pringsewu dan sekitarnya dalam rangka mendukung produktivitas petani, membantu masyarakat yang kesulitan air bersih, serta mengurangi kerugian masyarakat akibat adanya banjir,” kata Jokowi.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x