Kemnaker Catat 1.187 Kasus Aduan Tunda Pembayaran di Posko THR

- 7 April 2024, 16:39 WIB
Ilustrasi. THR 2023 ternyata tidak hanya diberikan kepada ASN PNS maupun PPPK, tetapi juga para tenaga honorer di sejumlah daerah berikut.
Ilustrasi. THR 2023 ternyata tidak hanya diberikan kepada ASN PNS maupun PPPK, tetapi juga para tenaga honorer di sejumlah daerah berikut. /Tangkap layar Youtube BKD Jatim

 

 

ARAHKATA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat sejak 4 April hingga pukul 15.00 WIB hingga 6 April 2024 terdapat 1.187 kasus mengenai masalah pembayaran tunjangan hari raya (THR) disampaikan oleh masyarakat melalui Posko THR Kemnaker.

"Berdasarkan data terakhir pukul 15.00 WIB jumlah pengaduan yang masuk sebanyak 1.187 kasus," kata Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Haiyani Rumondang kepada wartawan di Kantor Kemnaker, Jakarta, Minggu, 7 April 2024, usai menghadiri acara pelepasan pemudik Mudik Ceria 2024.

 Ia menyampaikan pula dari 1.187 kasus itu melibatkan 725 perusahaan yang diadukan. Masalah pembayaran THR yang diadukan itu, kata Haiyani meliputi THR yang tidak dibayangkan oleh perusahaan dan pembayaran THR yang tidak sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kemnaker.

 Baca Juga: Manajemen Purinusa Group Gelar Silahturahmi Bersama Jurnalis Nasional

Ia pun menyampaikan dari total 1.187 kasus yang diterima melalui Posko THR itu, sebanyak 30 kasus di antaranya sedang diperiksa oleh Kemnaker.

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan telah meluncurkan Posko THR 2024 sebagai tempat aduan dan konsultasi bagi pekerja atau buruh terkait pemberian tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri pada tahun ini.3

 Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan bahwa pihaknya sudah mengeluarkan Surat Edaran Menaker Nomor M/2/HK.04/III/2024 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2024 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan, untuk mendukung pelaksanaan pemberian THR tahun ini.

Baca Juga: Kiat Kelola Uang Tunjangan Hari Raya Agar Hemat dan Lebih Bermanfaat  

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah