Lapas Kelas I Tangerang Kebakaran, 41 Napi Tewas Terpanggang

- 8 September 2021, 13:20 WIB
Kebakaran di Lapas Tangerang: Napi Terbakar Hidup-hidup di Sel Terkunci./
Kebakaran di Lapas Tangerang: Napi Terbakar Hidup-hidup di Sel Terkunci./ /instagram @yasonna.laoly

ARAHKATA - Telah terjadi kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang. Sebanyak 41 narapidana (napi) tewas terpanggang lantaran tak bisa keluar sel karena dikunci.

"Terbakar karena memang kamar semua dikunci jadi ada yang tidak sempat dikeluarkan dari kamar," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Banten Agus Toyib kepada wartawan, Rabu 8 September 2021.

Saat ini pihak Kemenkumham masih mengidentifikasi 41 napi yang tewas terbakar. Pihaknya akan segera mengabarkan ke keluarga napi bila proses identifikasi tuntas.

Baca Juga: Kantor BPOM Kebakaran Diduga Korsleting Listrik

Lapas Kelas I Tangerang disebut overkapasitas. Pada saat kejadian kebakaran, lapas itu berisi 2.069 narapidana dan tahanan, padahal seharusnya hanya berisi 900-an orang.

Sumber kebakaran yang berawal dari Blok CII itu dihuni 122 napi.

"2.072 penghuni. Kalau yang kejadian kebakaran C2 itu 122 orang," tutur Agus.

Baca Juga: Tinjau Lokasi Kebakaran, Kabinda Papua Tewas Ditembak KKB

Pada saat kebakaran, salah satu petugas pemadam kebakaran (damkar) di lokasi kejadian mengatakan, hingga saat ini api sudah berhasil dipadamkan. Namun, masih terlihat asap mengepul dari bagian atap lapas.

"Sudah mulai pendinginan dan kami mulai evakuasi korban meninggal dan juga luka-luka," ujar seorang petugas damkar Sugiyono.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x