Cegah Varian Baru, Kemenkes Minta Perketat Pintu Masuk Negara

- 12 September 2021, 14:08 WIB
Kemenkes dan instansi terkait akan perketat pintu masuk negara seperti bandara udara dan pelabuhan laut internasional Indonesia bagi WNA
Kemenkes dan instansi terkait akan perketat pintu masuk negara seperti bandara udara dan pelabuhan laut internasional Indonesia bagi WNA /Pixabay/skitterphoto

ARAHKATA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) perketat pintu masuk negara Indonesia bagi pendatang dari luar negeri.

Para pelaku perjalanan dari luar negeri dilakukan pemeriksaan sequencing untuk mengantisipasi masuknya varian baru virus COVID-19 ke Indonesia termasuk varian Mu.

Pemerintah juga memantau pelaku perjalanan luar negeri seperti WNI yang baru kembali dari negara-negara yang sudah ada kasus penyebaran varian Mu di negaranya seperti Kolombia dan Ekuador.

Baca Juga: Masih COVID-19, WHO: Virus Ini Akan Tetap Bersama Kita

Mutasi virus COVID-19 semakin mudah ketika seseorang yang terpapar melakukan aktivitas perjalanan yang tinggi. Semakin banyak infeksi juga akan menyebabkan semakin mudah virus COVID-19 bermutasi.

Kemenkes melalui juru bicara vaksinasi COVID-19, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid terus-menerus melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka pengawasan di pintu-pintu masuk negara Republik Indonesia.

Diketahui bahwa 65 persen dari pelaku perjalanan luar negeri ini belum mendapatkan vaksinasi saat masuk Indonesia, khususnya di Provinsi Jakarta.

Baca Juga: Mensos Pastikan Anak Yatim Piatu Akibat COVID-19 Tetap Dapat Pengasuhan

"Untuk itu kami mengimbau agar pintu-pintu masuk ke Republik Indonesia seperti bandar udara, pelabuhan laut internasional untuk terus memperketat prosedur skrining dan prosedur pengawasan masuknya pelaku perjalanan internasional,'' ungkap Nadia Jumat, 10 September 2021 secara virtual.

Pemerintah mengimbau orang yang akan masuk ke Indonesia dari luar negeri baik Warga Negara Asing (WNA) maupun Warga Negara Indonesia (WNI)agar dapat divaksinasi terlebih dahulu di negara asal keberangkatannya.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x