KPI Minta Maaf Usai Izinkan Saipul Jamil Tampil di TV

- 14 September 2021, 14:05 WIB
Daftar Kontroversi KPI Pusat dari tahun ke tahun, Mulai Upin Ipin hingga Saipul Jamil. Berikut Penjelasan Lengkapnya
Daftar Kontroversi KPI Pusat dari tahun ke tahun, Mulai Upin Ipin hingga Saipul Jamil. Berikut Penjelasan Lengkapnya /instagram.com/kpipusat/

ARAHKATA - Usai menjadi perbincangan di media sosial beberapa akhir ini, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta maaf atas pernyataan Ketua KPI Agung Suprio yang mengizinkan Saipul Jamil tampil di televisi (TV) untuk edukasi.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo. Ia mengatakan bahwa diksi yang disampaikan Agung Suprio tidak tepat.

Menurut Mulyo, kesalahan pemilihan diksi itu telah menimbulkan persepsi yang berbeda di masyarakat.

Baca Juga: Ini Kata Ketua KPI Soal Larangan Saipul Jamil Tampil di TV

Oleh karena itu, ia memberi klarifikasi dari pernyataan Agung yang membolehkan Saipul Jamil tampil di TV untuk mengedukasi.

Mulyo menjelaskan, maksud dari pernyataan ketua KPI tersebut adalah hal-hal terkait asusila, prostitusi, narkoba, hingga pelanggaran hukum oleh artis atau figur publik, disampaikan secara hati-hati dan diorientasikan untuk mengedukasi publik.

Dengan begitu, publik diharapkan tidak mencontoh tindakan Saipul Jamil yang sudah terjerat kasus hukum atau kasus sejenis.

Baca Juga: KPI Minta Seluruh Lembaga Televisi Tak Glorifikasi Saipul Jamil

"Agar hal itu tidak terulang sebab sanksi hukum yang telah dijalani tidak dipersepsikan sebagai risiko biasa," kata Mulyo dalam salah satu kanal YouTube yang dilansir Arahkata pada Selasa 14 September 2021.

"Itu yang barangkali yang ingin disampaikan oleh ketua. Tetapi, kemudian tidak cukup untuk bisa memberikan penjelasan karena barangkali ditanya oleh mas Deddy sehingga mengarah kemudian ditangkap berbeda pesannya oleh publik," ujarnya lagi.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x