WHO Izinkan Vaksin Malaria Pertama di Dunia

- 8 Oktober 2021, 17:00 WIB
Ilustrasi vaksin
Ilustrasi vaksin /Pixabay/

ARAHKATA - Penyakit malaria termasuk salah satu penyakit berbahaya dan membebani orang-orang terutama di negara tropis.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi pada tahun 2019 ada sekitar 229 juta kasus malaria di dunia yang menyebabkan lebih dari 400 ribu kematian.

Terkait hal tersebut, baru-baru ini dilaporkan WHO mengizinkan vaksin malaria pertama di dunia digunakan untuk anak berusia di atas 5 bulan di negara dengan kasus malaria yang tinggi.

Baca Juga: Masih COVID-19, WHO: Virus Ini Akan Tetap Bersama Kita

"Ini adalah sebuah momen bersejarah. Vaksin malaria untuk anak yang sudah lama ditunggu-tunggu ini adalah sebuah terobosan dalam sains, kesehatan anak, dan upaya pengendalian malaria," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip Arahkata pada Jumat 8 Oktober 2021.

Vaksin bernama Mosquirix tersebut sebetulnya sudah dibuktikan efektif dalam uji klinis enam tahun lalu. Hanya saja saat itu vaksin belum bisa digunakan secara luas karena menunggu data dari program uji coba di beberapa negara Afrika.

Hasilnya peneliti kini mendapat bukti lebih jauh bahwa vaksin malaria aman dan efektif. Setelah lebih dari 2,3 juta dosis diberikan, vaksin terbukti bisa mengurangi tingkat keparahan penyakit malaria pada anak sampai 30 persen.

Baca Juga: Curigai Sumber Covid, China Minta WHO Cek Lab Bio-Militer AS

Tidak ditemukan juga efek samping yang serius.

"Sampai hari ini sudah lebih dari 2,3 juta dosis vaksin diberikan di tiga negara Afrika. Vaksin memiliki profil keamanan yang baik," tulis WHO.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x