HUT Ke-22, KKP Ekspor 19 Ribu Ton Ikan

- 27 Oktober 2021, 21:36 WIB
Peringatan hari jadi atau HUT Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) secara daring di Kawasan Wisata Kaliratu, Jagasimo, Klirong.
Peringatan hari jadi atau HUT Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) secara daring di Kawasan Wisata Kaliratu, Jagasimo, Klirong. /Kebumen Talk/Kominfo Kebumen

ARAHKATA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil mengekspor sebanyak 19 ribu ton dan 1,2 juta ekor ikan dengan kualitas terbaik ke berbagai negara yang dikirim melalui KIPM Puspa Argo Sidoarjo.

Produk ekspor berupa Ikan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia itu pun, memiliki total pengiriman sebesar 88 juta dolar.

Kegiatan ekspor ini sebagai tanda dari 'Indonesia Satu Ekspor Ke-22' yang dilaksanakan oleh Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM).

Baca Juga: Menteri KKP Tebar 100 Ribu Benih Ikan di Situ Wisata Parung

“Tentu ini sebuah kegiatan yang patut kita syukuri bersama, karena moment ini bertepatan dengan peluncuran Ekonomi Biru, Laut Sehat,” kata Rina selaku Kepala BKIPM, dikutip Arahkata pada Rabu, 27 Oktober 2021.

Lebih lanjut, ikan yang diekspor merupakan ikan konsumsi dan ikan hias yang berasal dari 29 wilayah Provinsi di Indonesia.

Selain itu juga, Rina menjelaskan bahwa selama 19-25 Oktober 2021, bahwa 46 unit pelaksana teknisnya telah merilis Health Certificate (HC) sebanyak 1.379.

Baca Juga: Warga Konsumsi Hiu Paus di Jabar, Ini Tanggapan KKP

“Terimakasih kepada teman-teman lapangan, dengan menerbitkan HC berarti sejumlah itu pula pelaku usaha terlayani penjaminan mutu keamanan pangan dan kesehatan ikannya,” katanya.

Dalam 'Indonesia Satu Ekspor' ini produk perikanan akan diekspor menuju 44 negara, yang akan dikirim melalui 18 Pelabuhan dan 15 Bandar Udara.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x