Mantap! Pemkot Bandung Akan Akhiri Penyebaran HIV/AIDS

- 29 Oktober 2021, 12:30 WIB
Deklarasi bersama komisi penanggulangan AIDS
Deklarasi bersama komisi penanggulangan AIDS /Pixabay

ARAHKATA - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dengan sejumlah pihak sepakat untuk mengakhiri penyebaran Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immuno Deficiency Syndrome (HIV/AIDS).

Hal itu ditandai dengan penandatanganan 'Deklarasi Bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung tentang Pentahelix Menuju Ending AIDS 2030 di Kota Bandung'.

Pemkot Bandung menggandeng beberapa pihak seperti akademisi, pihak swasta/bisnis, komunitas dan media pada Kamis, 28 Oktober 2021.

Baca Juga: Yuk! Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Aksi Nyata

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana yang juga Ketua KPA Kota Bandung, menyampaikan meski pun saat ini sedang pandemi COVID-19, warga Kota Bandung tidak boleh abai terhadap penyakit menular lainnya, salah satunya HIV/AIDS.

"Alhamdulillah, hari ini kita bisa mendeklarasikan kolaborasi pentahelix, semua stakeholder dalam ikhtiar kita mencapai 3 Zero di tahun 2030," ucap Yana.

Semua pihak mendukung 3 Zero yang tertuang dalam isi deklarasi. Yaitu 'Zero New Infection', 'Zero AIDS Related Death', dan 'Zero Discrimination'.

Baca Juga: Pentingnya Kesehatan Mental Remaja, Pemkot Bandung Beri Program Khusus

"Upaya Pemkot Bandung dalam penanggulangan HIV/AIDS telah banyak. Baik pendekatan medis, nonmedis, struktural, maupun secara kultural," terangnya.

"Kita ingin mengukuhkan kembali upaya itu dengan kolaborasi berbagai pihak. Dengan kolaborasi pentahelix diharapkan kita bisa mendorong percepatan dan inovasi penanggulangan HIV/AIDS, karena didukung semua unsur," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x